Terlalu Lama Liburan? Kembalikan Semangat dengan 10 Tips Ini!

Kembali bekerja dan beraktifitas setelah liburan panjang Hari Raya memang kerap membuat kamu merasa kesal. Memang, telah terbukti secara ilmiah bahwa kembali ke rutinitas kita dapat menyebabkan kelesuan dan demotivasi. Rasa kesal ini sebenarnya berhubungan dengan fakta bahwa saat liburan kamu cenderung memiliki jadwal yang tidak teratur, seperti jam bangujn tidur yang cenderung lebih siang. Tapi, pasti sulit bukan menyamakan jadwal saat kamu tidak diwajibkan untuk bangun pagi karena liburan?

Guna membantu kamu kembali mengumpulkan semangat menjalani rutinitas, DANAdidik telah mengumpulkan sepuluh tips yang dapat membantu kamu menangani ‘sindrom pasca-liburan’ tersebut dan menjaga keseimbangan kehidupan kerja kamu.

Nikmati sindrom pasca-liburan ini

Semua orang sulit menerima fakta saat liburan mereka berakhir. Apalagi karyawan yang harus kembali ke kantor setelah lebih dari satu minggu liburan, karena mereka akan kembali pada rutinitas membosankan yang menjadi bagian dari kehidupan mereka.

Langkah pertama untuk menghadapi suasana hati yang agak kelabu ini adalah menikmatinya dan berpikir bahwa ini adalah salah satu bentuk jalan kehidupan. Pahami bahwa tidak apa-apa untuk merasa sedih dan menerima bahwa beberapa hari pertama dalam rutinitas harian kamu akan sulit. Bahkan, jika kamu adalah tipe orang yang optimis, kamu akan berpikir bahwa momen ini adalah salah satu bagian dari kisah suksesmu. Jadi, nikmati saja! Bersyukurlah, karena kalau kamu merasa bosan, berarti kamu hidup, bukan?

Prioritaskan Tugas

Pada hari pertama bekerja, sebagian dari kalian mungkin harus menyicil pekerjaan yang menumpuk akibat libur Lebaran. Bagian dari orang itu mungkin tidak sempat menyelesaikan pekerjaan akibat disibukkan oleh kegiatan Lebaran dan memilih liburan.

Kunci dari kesibukan di hari pertama ini adalah memprioritaskan tugas. Habiskan sebagian besar pagi kamu untuk mencari tahu apa yang mendesak dan yang tidak, dan selesaikan tugas yang paling mendesak. DANAdidik akan menyarankan melakukan beberapa tugas yang kamu sukai terlebih dahulu, karena ini akan memberi kamu sedikit istirahat dan membuat hari kamu lebih menyenangkan.

Cek email pada malam sebelumnya

Kutukan dari para pekerja kantoran sehabis liburan panjang adalah email kantor yang menumpuk. Cukup memikirkan semua email yang belum dibaca saja mungkin sudah membuat kamu stres dan cemas. Supaya membuatnya lebih mudah, DANAdidik sarankan agar kamu menghabiskan beberapa jam di malam sebelumnya untuk mengejar email tersebut. Simpan yang kamu perlu melihat / merespons secepatnya, kamu juga bisa menandai email-email yang paling penting. Dengan cara ini, kamu akan memulai hari dengan lebih tenang esoknya, serta akan menghindari kesalahan yang tidak perlu, seperti kehilangan klien dan lain-lain.

Masuk lebih pagi

Meski terdengar klasik, tapi cara ini ampuh kok! Bahkan ada beberapa alasan bagus untuk melakukan ini. Pertama, jika kamu meninggalkan rumah lebih awal, itu akan membantu kamu menghindari kecemasan yang sering berjalan seiring dengan perjalanan pulang pergi. Jika kamu berkendara ke tempat kerja, kamu akan dapat mengalahkan lalu lintas yang selalu ramai- terlebih lagi ketika faktanya kamu akan berangkat bersama dengan karyawan yang harus kembali kerja lainnya, ditambah lagi beberapa keluarga yang mungkin masih memiliki waktu liburan. Alasan kedua adalah kamu akan mendapatkan waktu tenang di kantor. Kamu dapat membuat kopi, merapikan meja, dan mengatur semuanya. Kembali supaya lebih segar!

Bersiaplah untuk bekerja malam sebelumnya

Jangan stres dan berlarian seperti orang gila di pagi hari karena terlambat bangun, lakukan sedikit perencanaan malam sebelumnya. Putuskan apa yang ingin kamu kenakan dan pastikan itu bersih dan sudah di setrika. Temukan semua yang kamu butuhkan untuk bekerja termasuk, dompet, laptop, kunci, dokumen dll. Kamu tidak ingin bekerja lebih awal dan menyadari bahwa kamu ketinggalan barang penting, bukan?

Tetapkan tujuan baru

Apakah kamu akan kembali bekerja setelah Hari Raya atau cuti panjang, selalu penting untuk kembali ke tempat kerja dengan goals atau tujuan baru. Satu-satunya cara agar tidak bosan di tempat kerja adalah jika kamu memiliki sesuatu yang baru untuk dipelajari dan oleh karena itu, kamu perlu kembali ke kantor dengan pola pikir baru. Identifikasi area di sektor kamu yang ingin kamu kuasai dan kembali bekerja dengan mengetahui bahwa kamu memiliki tantangan di depan.

Kenakan pakaian yang kamu sukai

Kiat lain yang akan membantu kamu kembali dengan rutinitas setelah libur Lebaran adalah mengenakan baju favoritmu. Itu bisa berarti mengenakan sesuatu yang membuat kamu nyaman. Kamu juga bisa menggunakan baju lebaran yang baru kamu beli bukan?

Apapun pilihan tersebut, yang penting adalah kamu memberikan diri sedikit dorongan kepercayaan diri yang akan membantu kamu merasa lebih energik dan siap untuk menghadapi setiap tantangan yang ada di depan mata!

Buat rencana untuk makan siang

“Apa yang harus aku makan siang nanti ya?” Dengan merencanakan makan siang kamu sedari awal, kamu jadi lebih memiliki motivasi untuk segera menyelesaikan tugas pekerjaan bukan?

Hindari terjebak di kantor sepanjang hari karena ini akan membuat kamu merasa seperti zombie. Ketika istirahat makan siang,cobalah untuk makan di luar untuk mencari suasana yang menyenangkan bersama rekan kantor. Lebih baik bukan, daripada sekedar menyuruh OB membelikan makanan untuk kamu.

Mendengarkan musik

Mungkin tips paling efektif untuk membantu kamu melawan kelesuan yang akan kamu rasakan pada hari pertama kembali bekerja adalah mendengarkan musik. Tentu saja, untuk mendapatkan manfaat dari tips ini, kamu harus menemukan playlist yang kamu sukai dan tidak terlalu keras untuk mengalihkan perhatian kamu juga. Kuncinya adalah mendengarkan musik yang membuat kamu tidak tertidur di meja, tetapi juga membantu kamu cukup berkonsentrasi untuk dapat melakukan pekerjaan yang menumpuk.

Bercengkrama bersama rekan kerja

Karena libur lebaran, beberapa dari kalian mungkin tidak sempat halal bihalal dan bermaaf-maafan bersama rekan kerja di kantor. Segeralah sempatkan diri untuk sekedar mengucapkan salam pada mereka. Tidak ada salahnya lho, selain menambah hubungan dengan rekan kerja kamu juga bisa jadi ditawarkan kue lebaran oleh mereka. Ketika kamu kembali bekerja setelah liburan, berusahalah untuk berbicara dengan semua orang dan tanyakan kepada mereka apa yang dilakukan oleh mereka saat liburan.

Tips Penting: Coba hal yang baru!

Mencoba hal yang baru menjadi cara paling ampuh untuk menghadapi kebosanan. Cari hal baru yang juga memberikan manfaat baik untuk kamu! Misalnya, dengan mencoba berinvestasi sosial di P2P Lending DANAdidik.Simak tips investasi P2P Lending pada tulisan di blog ini.

Apalagi jika kamu belum pernah berinvestasi sebelumnya. Investasi P2P Lending sangat cocok untuk kamu belajar merencanakan keuangan dengan lebih baik. Lewat platform DANAdidik, kamu akan mendapatkan keuntungan finansial sekaligus keuntungan moril, yaitu dengan membantu mencegah mahasiswa putus kuliah dengan memberikan pinjaman pendidikan. Kamu bisa mendapatkan keuntungan 12 hingga 15 persen flat per tahun dengan modal hanya Rp 100.000. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi WhatsApp Bisnis kami dan kunjungi website DANAdidik.id. #SemuaBisaKuliah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.