Simak 5 Tips Sukses Berbisnis dari Jack Ma: Orang Paling Kaya Se-Asia

Simak 5 Tips Sukses dari Jack Ma: Orang Paling Kaya Se-Asia – Semua orang memiliki jalannya masing-masing untuk mencapai kesuksesan. Tetapi pendiri dari perusahaan teknologi raksasa di Cina ini punya tips tersendiri. Ya, siapa lagi kalau bukan Jack Ma sang bos besar dari perusahaan Alibaba Group.

Sebagai orang sukses, Jack Ma paham beberapa hal tentang ketekunan. Jack Ma telah memikul masa lalu yang sulit, dari pengalamannya meyakinkan Cina bahwa Internet itu nyata, sampai membangun Alibaba dari kantor yang ala kadarnya sampai menjadi perusahaan e-commerce raksasa dengan pendapatan $ 23 miliar pada tahun 2016. Kini, Alibaba Group memiliki anak-anak perusahaan terkemuka, sebut saja Lazada dan UC Web. 

Penasaran apa saja tips dari Jack Ma untuk membangun bisnis yang sukses? Berikut DANAdidik telah merangkum lima kunci dari berdirinya Alibaba yang dikutip dari sang bos yang mendapat gelar orang paling kaya se-Asia tersebut.

Dapatkan Kepercayaan Orang Lain 

Penting untuk mendapatkan kepercayaan orang lain. Dari kolega, karyawan kamu, hingga investor. Orang-orang yang mempertaruhkan segalanya untuk kamu juga harus mempercayai kamu. Jack Ma mengatakan bahwa kepercayaan adalah bagian integral dari kesuksesan Alibaba. 

“Kepercayaan itulah yang membuat kita bersatu,” ujarnya seperti dilansir dari Inc.com.

“18 [investor] mempercayai saya. Dan karena mereka mempercayai saya, saya harus sangat loyal kepada mereka dan setia pada misi yang kami miliki.” tambah Jack Ma.

Pria berusia 54 tahun ini juga mengatakan kepercayaan yang orang-orang tanam kepadanya dan misi perusahaan adalah hal paling berharga yang bisa ia miliki. Ia bahkan mengatakan ia rela untuk membeli kepercayaan jika harganya lebih dari $ 1 juta.

Lupakan Kompetisi, Fokus pada Pelanggan

Jack Ma tidak terlalu khawatir dengan persaingan perusahaan Alibaba miliknya. Semua yang dilakukan Alibaba, katanya, tergantung pada kebutuhan pelanggan. Alasannya sederhana: untuk mempertahankan perusahaan dalam jangka panjang, kepuasan pelanggan harus menjadi inti dari pengambilan keputusan kamu. 

“Jika pelanggan kami mengatakan ‘Jack kamu harus membangun lebih banyak gudang, maka kami membangun gudang. Kami melakukannya bukan karena ada uang; kami melakukannya karena itu perlu.” ujar Jack Ma.

Ketika ditanya siapa yang dia lihat sebagai pesaing Alibaba, Jack Ma mengatakan dia tidak tahu. “Sebagai pengusaha, jangan anggap tetangga Anda sebagai pesaing,” katanya. “Jangan memfokuskan pandanganmu pada pesaing. Kamu terlalu kecil untuk fokus pada tetangga atau pesaingmu. Fokus pada pelanggan-mu. Membuat pelanggan-mu bahagia itu penting.”

Pikirkan Bisnis Kamu Secara Global

Bagi Jack Ma, masa depan adalah hal yang global. Dia percaya bisnis kecil harus beroperasi secara internasional untuk bertahan dalam jangka panjang. “Jika Anda tidak mencoba mengglobalisasi bisnis Anda melalui Internet, Anda mungkin tidak memiliki peluang bisnis,” kata Jack Ma. Dia berpendapat bahwa bisnis lokal hanya akan semakin kompetitif. Dia mendorong usaha kecil untuk memikirkan bagaimana mereka bisa menjual produk di seluruh dunia. Nah, makanya penting untuk membuat perencanaan jangka panjang dan pendek secara matang ya!

 Pekerjakan Anak Muda dan Orang-Orang Pintar

“Ketika kita (para generasi X) masih muda, tidak ada yang memberi kita kesempatan,” kata Ma. “Sekarang, kita harus memberi anak-anak muda kesempatan. Anak muda melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik daripada kita.” Dia berpendapat bahwa warisan pribadi harus kurang penting daripada membangun tim yang akan bertahan lama dan memberi mereka kesempatan untuk melakukannya. Dengan nada yang sama, Jack Ma mengatakan dia mempekerjakan orang yang lebih pintar darinya karena dia tahu itu yang terbaik untuk perusahaan.

Tekun, Bekerja Keras dan Terus Berusaha

Saran terakhir dari Jack Ma untuk para wirausahawan mencerminkan perjalanannya dengan Alibaba: Teruskan saja. Ketekunan, kata Jack Ma sangat diperlukan. “Hari ini sangat sulit,” katanya. “Besok itu sulit, tetapi lusa sangat indah.” pungkas Jack Ma. 

Perencanaan Keuangan Ala Jack Ma: Investasi!

Selain merencanakan bisnis kamu sedemikian rupa, kamu juga harus pandai dalam merencanakan keuangan. Tahukah kamu bahwa sebagian besar orang-orang sukses seperti Jack Ma melakukan investasi? Kamu juga bisa lho memulai belajar berinvestasi dari sekarang. Berkat berkembangnya teknologi, kamu bisa berinvestasi secara mudah, sekaligus dengan modal ratusan ribu saja lewat instrumen peer to peer lending.

Instrumen yang kerap disingkat P2P Lending ini sangat cocok untuk pemula. Kamu bisa memulai dengan berinvestasi pada platform pinjaman pendidikan DANAdidik. Dengan meminjamkan sejumlah dana pada mahasiswa yang membutuhkan, kamu akan mendapat imbal hasil hingga 15% flat per tahun sekaligus kontribusi nyata pada sektor pendidikan Tanah Air. Yuk daftar sekarang pada website di sini dan dapatkan cashback Rp 50.000 dengan investasi minimal Rp 250.000!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.