Penyaluran Dana Bantuan Pendidikan 2019

DANAdidik didirikan pada tahun 2015, sebagai sebuah perusahaan start-up yang menyalurkan bantuan pendidikan dalam bentuk pinjaman untuk memberi kesempatan mahasiswa Indonesia melanjutkan pendidikan mereka hingga ke jenjang pendidikan tinggi. Bantuan pendidikan ini lebih khususnya menyasar mahasiswa yang telah dalam masa akhir perkuliahan.

Dengan adanya bantuan pendidikan ini diharapkan penerimanya dapat bertanggung jawab serta berkontribusi kembali serta membantu membangun negara setelah mereka menyelesaikan pendidikannya. Meyakini bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia masih memegang asas gotong-royong, maka DANAdidik bertekad menjadi perantara bantuan dari penolong dengan yang membutuhkan.

DANAdidik merupakan bisnis sosial. Bantuan pendidikan yang DANAdidik tawarkan dapat berkelanjutan dan membantu lebih banyak mahasiswa Indonesia yang kurang beruntung. Mahasiswa penerima bantuan pendidikan akan melakukan pengembalian sehingga dana yang ada bergulir dan dapat disalurkan kembali nantinya bagi mahasiswa lanjutan sebagai generasi penerus.

Bantuan pendidikan yang dihadirkan DANAdidik ini memiliki perhatian khusus dalam membantu mahasiswa Indonesia yang berprestasi dari keluarga prasejahtera untuk mendapat akses pada pendidikan berkualitas. Apalagi profil mahasiswa seperti itu merupakan profil yang dianggap berisiko oleh bank dan tidak tersentuh.

Istilah dan konsep bantuan pendidikan atau pinjaman pendidikan (student loan) yang berbasis pinjaman tanpa agunan memang masih menjadi hal baru bagi sebagian masyarakat Indonesia. DANAdidik menilai bantuan pendidikan akan membuat lebih banyak anak bangsa melalui pendidikan terbantu, hal ini adalah untuk menuju Indonesia yang lebih baik.

Apa Itu Bisnis Sosial?

Bisnis sosial juga merupakan istilah yang masih sangat awam bagi Indonesia. Bisnis sosial merupakan salah satu konsep bisnis yang mementingkan kesinambungan sebuah program dan dampak positif dari program tersebut dibandingkan profit. Konsep bisnis sosial merupakan inspirasi dari Muhammad Yunus, peraih medali Nobel tahun 2006 yang mempromosikan kesinambungan ekonomi dan sosial dalam sebuah masyarakat.

Sebuah bisnis sosial dirancang untuk menjadi berkelanjutan. Ini berarti, organisasi yang menerapkan model bisnis sosial berfokus pada peningkatkan manfaat yang mereka peroleh dapat diberikan kepada masyarakat pra-sejahtera. Mengandalkan sumbangan maupun donasi atau amal saja dan tidak memutarkannya, bukanlah cara yang berkelanjutan untuk menjalankan sebuah organisasi atau perusahaan.

Sumber Dana Bantuan Pendidikan

Dana yang diperoleh organisasi atau perusahaan berbasis sosial bisnis digunakan kembali untuk mendanai program sosial, salah satunya adalah penyaluran dana bantuan pendidikan berbentuk pinjaman, sehingga program-program tersebut dapat berkelanjutan untuk jangka waktu yang panjang. Hasil perolehan upaya ini, apapun bentuknya, digunakan untuk memperluas manfaat sosial.

Sebagai sebuah perusahaan berbasis bisnis sosial, DANAdidik juga menjalankan fungsi CSR operator bagi para mitra/donator untuk menciptakan dan melaksanakan kegiatan CSR mereka. Sampai saat ini DANAdidik telah dipercaya oleh sejumlah korporasi, yayasan maupun asosiasi untuk menjalankan program tanggung jawab sosial (CSR).

DANAdidik menjalankan amanah dari para donatur dengan cara yang profesional, transparan serta inovatif. Hal ini karena DANAdidik berbasis teknologi, dan bermain di ranah teknologi finansial. Teknologi yang digunakan DANAdidik telah resmi terdaftar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI.

Pendidikan adalah sebuah investasi jangka panjang untuk menghasilkan sebuah perubahan yang signifikan bagi masyarakat dan perkembangan suatu negara. DANAdidik selalu berinovasi membuahkan konsep ataupun menyempurnakan program agar dapat berkelanjutan dengan berbagai pembaharuan yang disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat. Dengan demikian, donasi yang diperoleh dapat bergulir dan membiayai lebih banyak mahasiswa berprestasi dari keluarga pra-sejahtera.

Lebih Jauh tentang Bantuan Pendidikan DANAdidik

Bantuan biaya pendidikan yang diterapkan oleh DANAdidik adalah bantuan pendidikan dalam bentuk pinjaman tanpa agunan kepada mahasiswa, utamanya mereka yang datang dari keluarga pra-sejahtera serta yang berprestasi. Pengembalian bantuan pendidikan ini menjadi dana yang bergulir.

Dalam skema dana yang bergulir, maksudnya adalah bantuan pendidikan dikembalikan kepada DANAdidik untuk diputar dan digunakan sebagai dana simpanan yang digunakan sebagai bantuan pendidikan untuk generasi selanjutnya atau mahasiswa yang juga ingin mengenyam pendidikan yang berkualitas di Indonesia.

Pengembalian bantuan biaya pendidikan menjadi wajib dilakukan sebulan telah penerima bantuan biaya pendidikan menerima bantuan pendidikan. Hal ini memungkinkan penerima bantuan biaya pendidikan untuk menyelesaikan jenjang pendidikan tingginya sekaligus mulai mencicil dengan nominal yang relatif kecil karena tenor panjang-hingga 4,5 tahun.

Mekanisme pengembalian bantuan pendidikan beberapanya adalah sebagai berikut:

  • Penerima bantuan biaya pendidikan diberikan jangka waktu pengembalian hingga 4,5 tahun (48 bulan)
  • Saat sudah bekerja, besaran cicilan disesuaikan dengan besaran penghasilan mahasiswa
  • Kontribusi balik ini dibayarkan sampai lunas sesuai dengan bantuan biaya pendidikan yang diterima dan biaya penunjangnya (biaya servis dan transfer)

DANAdidik selalu melampirkan dengan rinci jumlah total bantuan untuk mahasiswa setelah mahasiswa menyetujui perjanjian program pemberian bantuan pendidikan ini. DANAdidik juga mendampingi para mahasiswa dan orangtua sejak proses registrasi hingga pencairan dana.

Setiap mahasiswa memiliki hak pilihan untuk mengikuti program bantuan biaya pendidikan ini. Program bantuan biaya pendidikan ini memberikan kesempatan bagi mereka yang memiliki keterbatasan dana, agar dapat memperoleh pendidikan tinggi yang berkualitas. Bagi DANAdidik, pendidikan adalah sebuah investasi dalam masa depan bangsa, sehingga seseorang akan dapat memperoleh pekerjaan yang lebih baik dan meningkatkan taraf hidup masing-masing.

Seperti yang telah disampaikan, bisnis sosial DANAdidik berbasis teknologi finansial, sehingga hampir keseluruhan aktivitas yang terkait dengan operasional dilakukan di situs danadidik.id.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.