Inkubasi Ristekdikti Selesai, DANAdidik Masuk 5 Terbaik Startup Indonesia

JAKARTA – Perusahaan rintisan DANAdidik berhasil masuk lima besar startup terbaik Indonesia dalam acara PPBT Business Camp 2019. PPBT atau Program Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi sendiri merupakan salah satu program inkubasi bisnis yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti).

“Ini diluar ekspetasi kami (DANAdidik). Sedari awal saya ingin membawa DANAdidik sebagai platform peer to peer pinjaman pendidikan agar mendapatkan trust lebih dengan ikut program PPBT Ristekdikti ini agar lebih diterima masyarakat, terutama para lender yang mendanai #AnakDidik sebagai mahasiswa-mahasiswa yang mengalami kesulitan dana kuliah. Dengan sematan 5 startup terbaik saya semakin optimis student loan bisa menolong mereka semua.” ungkap Dipo Satria selaku CEO DANAdidik yang perusahaan rintisannya berhasil mengalahkan ratusan startup lainnya dalam PPBT Business Camp ini.

Tepatnya, terdapat 242 inkubator bisnis dan 249 perusahaan rintisan dari berbagai bidang yang terlibat dalam program PPBT Business Camp 2019 ini, tetapi hanya DANAdidik satu-satunya startup penyedia pinjaman pendidikan yang mendapat dukungan dari pemerintah Indonesia secara langsung.

“Dengan adanya Business Camp PPBT 2019 ini, diharapkan startup yang lolos dapat scale up atau meningkatkan bisnisnya dengan cepat.” ungkap Mohamad Nasir selaku Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi saat penutupan acara PPBT Business Camp 2019 berlangsung pada Sabtu (13/4).

PPBT Business Camp 2019 berlangsung selama 6 hari 5 malam, yaitu tanggal 9 hingga 14 April 2019 di Hotel Grand Mercure, Kemayoran. Pembukaan rangkaian acara inkubasi bisnis ini dihadiri oleh banyak pemuka startup, seperti CEO Tokopedia, Presiden Bukalapak, dan CTO Emas Digi. Acara ini memberikan banyak pembelajaran, seperti marketing hingga perpajakan dan perizinan, kepada para pemuka startup termasuk DANAdidik sebagai startup penyedia student loan pertama di Indonesia.

“Program ini untuk membekali pendiri startup dengan pendanaan usaha, keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan sehingga dapat meminimalisir kegagalan dan menjadi startup yang berkualitas,” ungkap Direktur PPBT Retno Sumekar.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.