Ini Dia 5 Cara Ampuh Lawan Catcalling

Jika kamu perempuan, pasti familiar dengan sautan-sautan iseng seperti “Sst sst cewek!” atau “Sendirian aja neng, ikut abang yuk!”. Apalagi kalau statusmu adalah mahasiswa yang sering terpaksa berjalan sendirian. Siulan, panggilan, atau ocehan seperti itu merupakan bentuk sebuah street harassment yang lazim disebut catcalling. Perbuatan tersebut dapat digolongkan sebagai pelecehan seksual secara verbal (verbal sexual harassment). Catcalling tentu mengganggu dan membuat geram para kaum hawa. Walau, mayoritas korbannya adalah perempuan, tetapi catcalling mungkin saja terjadi pada pria. Studi dari Stop Street Harassment menunjukan bahwa dari 2000 orang yang disurvei di Amerika, 65% wanita pernah mengalami street harassment. Dari semua perempuan tersebut, 23%-nya merasa pernah disentuh, 20% diikuti, dan 9% dipaksa melakukan hal seksual. Sementara di antara para kaum adam, 25%-nya merasa pernah dilecehkan. Walaupun banyak mahasiswa di Indonesia yang kritis terhadap hal ini, tetapi masih banyak anggapan dalam masyarakat bahwa catcalling adalah hal yang biasa. Pola pikir tersebut lah yang perlu diubah, catcalling bukan hal yang dapat ditoleransi. Simak yuk cara paling ampuh melawan catcalling ala DANAdidik ini!

1. Lihat situasi!

Hal paling utama yang harus kalian lakukan adalah mengamati situasi. Jika kamu berjalan di lingkungan yang sepi sementara sekumpulan pria melakukan catcalling terhadapmu, berusaha jalan cepat sambil berpura-pura menelepon orang ya!

2. Tatap matanya

Jika situasi memungkinkan, usahakanlah pelototi dan tatap mata pelaku catcalling alih-alih menunduk. Hal ini bertujuan agar kamu terlihat tidak takut dan ia akan mengurungkan niatnya untuk berbuat hal yang macam-macam.

3. Lawan balik secara verbal

Tidak ada salahnya kamu melawan kembali menggunakan kata-kata, asalkan hal yang diucapkan benar. Kamu bisa mencoba mengatakan, “Kenapa ya?” dengan nada tegas atau “Apa sih!”. Jangan takut mengungkapkan bahwa kamu tidak nyaman dengan panggilan-panggilan tersebut.

4. Lakukan hal yang tidak biasa

Kalau kamu tipe orang yang suka hal-hal luar biasa, kamu bisa mencontoh cara yang dilakukan pelajar wanita 22 tahun asal Belanda ini. Saking kesalnya dengan berbagai macam catcalling yang sering ia alami, wanita bernama Noa Jansma ini melakukan selfie dengan para catcaller yang ia temui.

5. Jika di lingkungan kuliah, laporkan pada pihak kemahasiswaan

Dengan dalih bercanda, terkadang temanmu sering melontarkan kata-kata yang tanpa kamu sadari dapat dikategorikan pelecehan lho! Kalau kamu sudah merasa tidak nyaman dengan perlakuan teman kuliahmu tersebut, jangan takut untuk melaporkan ke pihak berwenang seperti ke bagian kemahasiswaan. Memang tidak mudah, tetapi usahakanlah dengan cara meminta mereka merahasiakan identitasmu.


Danadidik.id adalah pinjaman pendidikan pertama di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pinjaman lunak khusus pendidikan tanpa agunan, bunga murah, cicilan ringan & tenor sampai 4 tahun setelah lulus.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.