Ingin Liburan Ke Luar Negeri Tapi Gaji UMR? Coba Lakukan 6 Hal Ini

Tips Liburan ke Luar Negeri dengan Gaji Pas-Pasan – Liburan seringkali dikaitkan dengan gaya hidup yang kurang cocok untuk para karyawan dengan gaji yang pas UMR (Upah Minimum Regional). Padahal, berlibur sangat penting untuk menjaga kesehatan pikiran seseorang. Wajar saja sih, budget liburan memang tidak sedikit, apalagi jika membicarakan liburan ke luar negeri.

Baca juga: 8 Tips Liburan Minim Budget yang Aman Buat Kantong

Jangan biarkan keterbatasan finansial menghalangi niatan kamu untuk berlibur. Karena ternyata, ada kok cara supaya kamu tetap bisa traveling ke luar negeri meski gaji kamu masih UMR. Mulai dari perencanaan liburan yang matang, sampai perencanaan finansial yang kuat, masih banyak jalan menuju Roma! Supaya niatan kamu liburan dapat terwujud, coba lakukan 6 hal yang telah DANAdidik susun ini ya.

Tentukan Prioritas

Kembali tanyakan pada diri sendiri, apakah prioritas saat ini adalah menabung dan jalan-jalan? Saat memiliki gaji yang pas dengan UMR, menentukan prioritas menjadi kunci utama. Apalagi untuk masalah keuangan pribadi, secara mendasar kamu harus pintar dalam membuat anggaran dan mencatat pengeluaran. 

Misalnya, jika kamu memang meniatkan diri ingin melakukan perjalanan ke luar negeri, kamu tidak boleh boros dan memiliki gaya hidup hedon. Kurangi biaya nongkrong dan belanja baju, cara paling efektif adalah dengan mengurangi ‘jajan mata’ atau window shopping ke mall, karena pada akhirnya kamu akan tergoda untuk membeli sesuatu setelah pergi ke pusat perbelanjaan.

Buat Rencana Liburan: Itinerary dan Anggaran

Perencanaan liburan yang matang meliputi semua aspek, dari anggaran, pemilihan hari berlibur, pengajuan cuti, sampai rencana perjalanan (itinerary). Meskipun beberapa orang menikmati liburan dadakan tanpa itinerary, rencana perjalanan tetap dibutuhkan karena akan berdampak pada anggaran yang telah kamu susun. 

Ketika membuat anggaran perjalanan, pastikan untuk menekan budget. Ingat, tentunya dengan gaji UMR banyak hal selain liburan yang harus kamu pertimbangkan. Tipsnya adalah dengan selalu mengecek promo tiket pesawat, penginapan, dan promo paket wisata. Cek secara rutin media sosial khusus promo sampai maskapai penerbangan. Beberapa maskapai bahkan mengadakan flash sale yang mungkin akan hilang dalam sekejap. Jangan sampai kehabisan ya!

Cari Teman Berlibur

Salah satu cara menekan budget liburan yang paling efektif adalah dengan pergi bersama teman. Bahkan, dalam beberapa hal, semakin ramai grupnya, akan semakin berkurang juga pengeluaran. Misalnya, banyak promo tiket pesawat dari agen travel yang memberlakukan sistem pax atau rombongan. Lagi pula, kalau beramai-ramai kamu juga bisa membagi biaya penginapan sampai makan.  

Siasati Pengeluaran Terbesar

Supaya bisa menabung untuk keperluan berlibur ke luar negeri, kamu harus menyiasati pengeluaran sehari-hari. Cek mana pengeluaran terbesar kamu, lalu tekan pengeluaran tersebut. Misalnya, pengeluaran terbesar kamu adalah tempat tinggal, carilah tempat tinggal yang lebih murah atau bisa juga mencari teman sekamar. Ada juga beberapa orang yang lebih banyak mengeluarkan uang untuk jajan dan makan. Jadi, alih-alih makan di restoran mahal maupun cepat saji, lebih baik membeli makan yang lebih sehat dan murah seperti gado-gado dan makanan warteg. 

Cari Penghasilan Tambahan

Dengan gaji yang pas dengan UMR, kamu mungkin akan memerlukan penghasilan tambahan. Carilah lowongan freelance yang sesuai kemampuan kamu, atau kamu juga bisa berjualan. Untuk tips mencari modal usaha, silakan baca artikel di bawah:

Bingung Cari Modal Usaha? Simak 5 Cara Mendapatkannya di Sini!

Kalau masih bingung memilih pekerjaan sampingan, DANAdidik memiliki program yang bisa kamu ikuti untuk menambah penghasilan. Kamu bisa menulis untuk DANAdidik dan menjadi kontributor, atau bisa juga mengikuti program referral #ImpactInvestor, jadi setiap ada investor masuk kamu berhak mendapatkan Rp 50.000. 

Mulai Investasi Sejak Dini

Liburan biasanya direncanakan dari jauh hari, inilah mengapa investasi lebih cocok kamu jadikan langkah mengumpulkan uang untuk liburan. Alasannya karena uang kamu tidak hanya sekedar ditabung, tetapi juga akan bertumbuh. Investasikan uang kamu pada instrumen yang keuntungan investasinya bisa kamu ambil dalam beberapa tahun, seperti instrumen Peer to Peer Lending. Selain mudah, instrumen yang disingkat P2P Lending ini juga cocok bagi kamu yang ingin belajar berinvestasi karena modal awalnya yang hanya ratusan ribu rupiah. 

DANAdidik sebagai platform P2P Lending pinjaman pendidikan pertama di Indonesia telah terdaftar dan diawasi OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Dengan berinvestasi pada DANAdidik, investor akan mendapatkan return atau imbal hasil hingga 15 persen dengan suku bunga flat per tahun. Jika kamu berinvestasi pada DANAdidik, artinya kamu juga ikut berkontribusi bagi kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia karena telah membantu para mahasiswa membayar uang kuliah.

Ayo investasi minimal Rp 250.000 dan daftarkan diri kamu di sini, dapatkan promo cashback Rp 50.000 dan terus kurangi angka putus kuliah bersama DANAdidik! #SemuaBisaKuliah

Baca Langkah Investasi pada Artikel di Bawah:
Lender Baru? Simak Dulu Cara Investasi di P2P Lending DANAdidik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.