Catat! Ini Dia 17 Tanda Kamu Sudah Merdeka Secara Finansial

Catat! Ini Dia 17 Tanda Kamu Sudah Merdeka Secara Finansial – Tanpa terasa, Indonesia telah merdeka selama 74 tahun. Namun, coba cek lagi apakah finansial kamu juga sudah merdeka?

Kalau kamu masih menjadi golongan manusia yang sekarat di tanggal tua, atau golongan manusia yang hanya mengandalkan gaji pokok, lebih baik cek kembali kemerdekaan finansial kamu! 

Guna memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, DANAdidik telah merangkum 17 hal yang menandakan kalau kamu sudah merdeka secara finansial. Selamat Hari Kemerdekaan!

Paham Akan Pentingnya Investasi

Kamu mulai menyisihkan sebagian penghasilan untuk investasi, baik melalui tabungan atau instrumen investasi keuangan lainnya. Ini menunjukkan bahwa kamu dapat mengelola kekayaan dengan cara yang baik tanpa ada indikasi pengeluaran yang lebih besar dari pendapatan.

Bagi kamu yang mencicil diri untuk merdeka secara finansial, jangan khawatir: Tidak ada kata terlambat! Mulailah dengan investasi mudah dengan dana awal yang murah seperti investasi berjenis Peer to Peer Lending (P2P Lending). Dengan modal ratusan ribu kamu bisa mendapat imbal hasil hingga 15% flat per tahun dengan investasi di platform DANAdidik!

Baca juga: Lender Baru? Simak Dulu Cara Investasi di P2P Lending DANAdidik

Tidak Kurang Tidur Karena Masalah Keuangan

Ketika kamu tidur di malam hari, kamu pasti ingin tidur nyenyak dan damai. Lalu, jika ada sesuatu yang membuat kamu tetap terjaga, biasanya itu tidak terkait dengan masalah keuangan. Ini adalah manfaat non-finansial yang dimiliki orang-orang yang merdeka secara finansial stabil, karena posisi keuangan mereka yang kuat. Bukan berarti kamu sama sekali tidak memiliki kekhawatiran tentang uang, tetapi bahwa itu masalah ini tidak signifikan, dan kamu selalu punya semacam solusi yang masuk akal.

Tidak Khawatir Jika Kehilangan Pekerjaan

Ini adalah salah satu indikator terbaik untuk menandakan apakah kamu stabil secara finansial. Coba pikirkan sejenak, apakah kamu akan jatuh miskin jika kehilangan pekerjaan kamu? Orang yang merdeka secara finansial pasti menjawab tidak, karena biasanya mereka memiliki sumber penghasilan di samping pekerjaan utamanya. Bahkan, terkadang pendapatan sampingannya lebih besar dari gaji mereka lho! 

Karena keuangan telah seimbang, kehilangan pekerjaan bukanlah sesuatu yang membuat kamu khawatir, atau setidaknya bukan potensi untuk merusak keuangan kamu. Cobalah mencari penghasilan tambahan dari sekarang, misalnya melakukan investasi. Kalau kamu baru ingin belajar berinvestasi, pilihlah instrumen yang mudah seperti P2P Lending. Dengan modal Rp 250.000 bahkan kamu bisa dapat bonus cashback Rp 50.000 jika mencoba berinvestasi di platform DANAdidik sekarang.

Tagihan Kamu Tidak Menunggak

Kamu tidak pernah terlambat dengan pembayaran. Hal ini sebagian karena kamu selalu punya banyak uang untuk membayar tagihan, tetapi juga karena preferensi kamu untuk menjadi yang terdepan dalam hal keuangan. Ini juga merupakan alasan besar mengapa kamu tidak kehilangan waktu tidur karena sibuk memikirkan masalah keuangan kamu. Ketika kamu pergi tidur di malam hari, kamu lega karena tahu bahwa tagihan telah terbayar.

Kamu Menggunakan Kartu Kredit untuk Kenyamanan

Banyak orang yang tidak stabil secara finansial memiliki kebiasaan buruk menggunakan kartu kredit untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak mampu mereka beli. Sebenarnya sah-sah saja memakai kartu kredit, jika kamu menggunakan kartu kredit untuk kenyamanan, seperti dapat melakukan pembayaran online yang cepat. Bisa juga kamu akan melakukannya karena perusahaan kartu kredit kamu sedang memberi rewards untuk melakukan pembelian.

Orang-Orang Meminta Pendapat Kamu Tentang Masalah Keuangan

Salah satu tanda lahiriah terbesar bahwa kamu merdeka secara finansial adalah ketika orang-orang menanyakan pendapat Anda tentang masalah keuangan. Mereka akan melakukan ini karena mereka melihat kamu sebagai seseorang yang telah “menemukan jawabannya”, setidaknya dalam hal uang. Ketika ini terjadi, anggap itu sebagai pujian tertinggi. Ini berarti bahwa stabilitas keuangan kamu sangat jelas sehingga orang lain dapat melihatnya, dan akan meminta pendapat kamu tentang bagaimana mencapainya.

Bahagia dengan Situasi Keuangan Kamu

Ini tidak berarti bahwa situasi keuangan kamu sepenuhnya sempurna, tetapi bahwa keuangan kamu seimbang, dan kamu puas dengan arah yang dituju. Bahkan jika kamu memiliki tantangan keuangan di masa depan, kamu memiliki semacam rencana yang disiapkan untuk menghadapinya sebelum masalah itu datang. 

Kamu Tidak Memiliki Saldo Kartu Kredit Jelek

Sama sekali tidak aneh bagi orang-orang yang memiliki sejumlah besar aset keuangan dan berpenghasilan tinggi untuk juga memiliki saldo kartu kredit yang besar dan jelek. Namun, bagi yang merdeka secara finansial, masalah ini tidak akan terjadi! Kamu akan benar-benar menolak untuk membawa saldo kartu kredit yang tidak dapat dilunasi dengan relatif cepat. Tentunya ini membuat kamu tidak membayar suku bunga tinggi, dan terhindar dari sulit di malam hari.

Tidak Merasa Serba Salah Ketika Keluar untuk Acara-Acara Khusus

Setiap orang memiliki episode di mana mereka menghabiskan sedikit uang terlalu banyak. Ini dapat terjadi pada acara-acara khusus, seperti ulang tahun, liburan, dan perayaan lainnya. Tetapi bagi kamu yang merdeka secara finansial, acara ini bukan penghancur anggaran. Kamu memiliki cukup fleksibilitas yang dibangun ke dalam anggaran.

Dapat Membeli Barang yang Kamu Inginkan

Jika kamu benar-benar menginginkan sesuatu, kamu pergi dan membelinya. Keuangan kamu cukup kuat untuk memungkinkan kamu mendapatkan hal-hal yang benar-benar diinginkan.

Ini sama sekali bukan tentang pembelanjaan impulsif secara berkelanjutan, melainkan tentang memiliki cukup ruang dalam anggaran kamu untuk mendapatkan hal-hal yang benar-benar kamu inginkan. Dengan cara itu, uang tidak mengatur kamu.

Kamu Hobi Beramal atau Membantu Orang Lain

Salah satu tanda kemerdekaan finansial lainnya adalah memiliki badan amal tertentu yang kamu dukung secara teratur, dan kamu murah hati dengan orang-orang di sekitar kamu yang membutuhkan. Kamu dapat melakukan ini karena kamu tidak pernah merasakan bahwa memberikan uang kepada orang lain yang membutuhkan akan berdampak negatif pada posisi keuangan kamu. 

Namun, tahukah kamu bahwa kita masih bisa mendapatkan keuntungan finansial sambil membantu orang lain? Lewat investasi Sosial kamu bisa memajukan sektor pendidikan dan ekonomi sambil meraup keuntungan. Misalnya dengan membantu perkuliahan mahasiswa dengan memberikan pinjaman pendidikan lunak di platform DANAdidik.

 Percaya Diri dengan Masa Depan

Keuangan Anda cukup terkendali, sehingga Anda merasa yakin tentang masa depan Anda. Ini karena Anda dapat dengan mudah hidup dari apa yang Anda hasilkan, Anda memiliki aset keuangan substansial yang Anda tambahkan secara teratur, dan Anda membawa sedikit, jika ada, utang non-perumahan.

Kekayaan Bersih Tumbuh Secara Signifikan dari Tahun ke Tahun

Kekayaan bersih kamu cenderung tumbuh setiap tahun. Ini bukan tentang menggandakan uang kamu setiap tahun, tetapi tentang mencapai peningkatan yang cukup konsisten dalam kekayaan bersih. Peningkatan tersebut berasal dari kombinasi menambahkan investasi kamu melalui kontribusi rutin, dan melalui pengembalian investasi yang solid.

Sudah Memiliki atau Segera Memiliki Rumah

Setelah pakaian dan makanan, tempat berteduh adalah kebutuhan paling penting bagi semua manusia. Memiliki rumah adalah langkah alami berikutnya menuju kemandirian finansial, dan membutuhkan komitmen finansial yang besar. Ini juga menunjukkan bahwa kamu memiliki penghasilan, tabungan, dan kemampuan yang cukup dan stabil untuk mengelola keuangan dalam jangka panjang.

Tidak Takut dengan Biaya Sekolah Anak

Keadaan keuangan yang sehat memungkinkan kamu menyisihkan dana untuk pendidikan anak kelak. Semakin cepat kamu merencanakan, semakin banyak waktu yang dapat kamu hemat, opsi untuk menjelajah, dan masa depan anak yang lebih cerah.

Siap Membangun Bisnis

Indikasi lain kemerdekaan finansial adalah kemampuan untuk memulai bisnis. Selain mengumpulkan modal yang diperlukan untuk memulai, kamu juga harus mengelola dan memelihara modal kerja yang cukup untuk mempertahankan bisnis kamu sampai bisnis tersebut dapat mempertahankan dirinya sendiri.

Kamu Mengontrol Uang, Bukan Sebaliknya

Secara keseluruhan, kamu memiliki perasaan kuat bahwa kamu dapat mengendalikan keuangan. Ini berarti bahwa dalam hal uang, kamu punya pilihan. Inilah yang esensi dari kemerdekaan secara finansial: Kamu mampu melakukan apa yang kamu inginkan dan kapanpun kamu mau.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.