Bingung Cari Modal Usaha? Simak 5 Cara Mendapatkannya di Sini!

6 Cara Mudah Mendapatkan Modal Usaha untuk Bisnis Kamu – Bagi beberapa orang, menjadi bos bagi diri sendiri dan menjalankan usaha sukses adalah sebuah cita-cita. Namun, tentu banyak kendala dan hal yang harus dikorbankan untuk meraih mimpi tersebut. Salah satu kendala umum seorang calon pengusaha adalah mencari modal usaha.

Baca juga: Hati-Hati! 7 Alasan Bisnis Gagal Ini Harus Dikenali Calon Pengusaha

Baik itu usaha kecil sampai membangun startup besar, modal tidak bisa disepelekan. Mencari modal usaha bisa dilakukan dengan berbagai hal, mulai dari meminjam pada instansi keuangan, sampai melakukan investasi sebagai langkah menabung modal. Guna memudahkan kamu para calon pengusaha, simak 6 cara mudah mendapatkan modal usaha yang telah DANAdidik rangkum ini ya!

Produk Pinjaman Bank

Cara paling umum untuk mencari sumber modal usaha adalah meminjam lewat bank. Ada beragam jenis pinjaman yang bisa kamu ajukan di bank, mulai dari yang memerlukan agunan sampai tidak. Sesuaikan dengan kondisi keuangan dan kebutuhan kamu ya!

Produk pinjaman bank dengan agunan biasa dinamakan KMG atau Kredit Multi Guna. Pihak bank akan mengharuskan kamu memberikan sejumlah jaminan seperti aset kendaraan bermotor sampai aset properti. Biasanya, mereka akan menawarkan bunga dari 9 hingga 12 persen dengan lama pinjaman atau tenor hingga 20 tahun, tergantung berapa jumlah kamu meminjam. Selanjutnya, ada produk bank yang dinamakan KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Sesuai namanya, kamu tidak perlu memberikan jaminan apapun. Meskipun menjadi favorit beberapa orang, kamu harus tetap memerhatikan bunganya yang lebih besar dari produk KMG, yaitu bisa mencapai sekitar 10 sampai 23 persen. 

Fintech P2P Lending

Bagi kamu yang merasa meminjam lewat bank memiliki prosedur yang rumit, mengajukan pinjaman pada fintech Peer to Peer Lending bisa menjadi alternatif pilihan. Industri dengan singkatan P2P Lending yang kini sedang banyak diminati ini cocok bagi kamu yang belum memiliki kredit skor yang cukup untuk meminjam di bank. Melalui platform P2P Lending, kamu bisa memposisikan diri sebagai peminjam (borrower) atau pemberi pinjaman (lender/ investor). Kalau mau meminjam, kamu cukup memenuhi beberapa syarat dan dokumen via website maupun aplikasi P2P Lending tersebut. Selain DANAdidik yang menawarkan pinjaman pendidikan, banyak kok P2P Lending lainnya di Indonesia yang menawarkan produk pinjaman khusus usaha!

Pinjaman di Koperasi

Keuntungan meminjam di koperasi adalah bunganya yang cenderung lebih rendah dari produk pinjaman lainnya. Pada pinjaman jangka pendek di koperasi, ada beberapa jenis bunga yang biasanya diterapkan, diantaranya bunga flat (nominal perhitungan bunga selalu sama setiap bulannya), bunga menurun (semakin kecil pinjaman, maka semakin kecil bunganya), dan bunga menurun efektif (dihitung dari saldo akhir setiap bulannya, sehingga bunga yang kamu bayarkan akan menurun setiap bulannya).

Menjual atau Menggadaikan Aset

Guna mendapatkan modal usaha, kamu bisa mencoba menjual aset yang kamu miliki, seperti emas, kendaraan bermotor, sampai properti. Kalau sewaktu-waktu usahamu mengalami keuntungan, bahkan kamu bisa membeli aset tersebut dengan kualitas yang lebih bagus. Namun, jika kamu belum berani menjualnya, coba gadaikan saja. Cara ini termasuk menguntungkan karena kamu tetap memperoleh modal usaha, sementara aset tetap utuh. Tapi kamu harus ingat untuk menebusnya kembali, karena jika tidak aset itu akan disita oleh usaha gadai.

Modal dari Konsumen

Kalau belum memiliki modal yang cukup, kamu masih tetap bisa kok menjalankan usaha! Karena ada beberapa usaha yang bisa mengandalkan modal dari konsumennya. Misalnya saja usaha jasa titip, laundry, katering, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mengandalkan uang muka yang dibayarkan konsumen, bukan?

Tumbuhkan Modal Usaha dengan Investasi

Jiwa entrepreneur hebat dibarengi dengan perencanaan keuangan yang matang. Kalau kamu sangat menginginkan bisnis yang sukses, kamu harus berusaha memikirkan dan mencari modalnya dari jauh-jauh hari. Selain menabung, cara lain yang dinilai lebih efektif adalah berinvestasi!

Baca juga: 5 Keunggulan Investasi Sosial Dibanding Investasi Lainnya

Sekarang, berinvestasi sangat mudah dilakukan, salah satunya dengan bantuan fintech P2P Lending. Selain menjadi peminjam seperti pada poin nomor dua, kamu bisa mencoba menjadi pendana (atau biasa disebut lender atau investor). Dengan memberikan pinjaman, tentunya kamu akan mendapatkan sejumlah keuntungan, baik finansial maupun keuntungan moril. Misalnya dengan menjadi pendana pada platform pinjaman pendidikan pertama di Indonesia, yaitu DANAdidik. Kamu akan mendapatkan keuntungan hingga 15% flat per tahun, keuntungan dari promo cashback dengan minimal investasi Rp 250.000, juga yang tidak kalah penting kamu akan secara langsung memberikan kontribusi pada kemajuan pendidikan tinggi di Indonesia. Yuk, raih untung, kurangi angka putus kuliah, dan bantu mahasiswa membayar uang kuliah. Investasi sekarang! #SemuaBisaKuliah

Baca Langkah Investasi pada Artikel di Bawah:

Lender Baru? Simak Dulu Cara Investasi di P2P Lending DANAdidik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.