Apakah Investasi Sosial Menguntungkan?

Para investor sering mempertanyakan, apakah berbuat baik lewat investasi sosial dapat menguntungkan secara finansial? Bukan hanya moril, investasi sosial tentu menguntungkan secara materiil. Investasi berkelanjutan sedang meningkat untuk alasan yang baik. Menurut penelitian dari USSIF, manajemen profesional menginvestasikan 1 dari 4 dolar untuk investasi  sosial atau impact investing. Di Amerika sendiri, aset Investasi Sosial Berkelanjutan dan Bertanggung Jawab (Sustainable, responsible and impact investing atau SRI) pada tahun 2016 telah berkembang menjadi 12 triliun USD.

Karakteristik Investasi Sosial

Berbeda dengan investasi lainnya, investasi sosial memiliki tiga karakteristik utama. Pertama, investor (disebut impact investor) memiliki niat untuk memberikan dampak baik untuk lingkungan dan masyarakat. Lalu, pengembalian modal minimum, yang mana bisa lebih rendah dari pengembalian pasar untuk jenis investasi dengan pengambilan risiko yang serupa. Terakhir, sebuah komitmen untuk mengukur dan melaporkan kinerja sosial dan lingkungan dan kemajuan investasi yang mendasarinya.

Dimana Melakukan Investasi Sosial?

Investasi sosial mematahkan paradigma kebanyakan masyarakat Indonesia yang berpikir bahwa isu-isu lingkungan dan sosial hanya dikelola melalui sebuah badan awal, sementara investasi pasar harus fokus secara eksklusif pada harga saham secara maksimal. Di Indonesia, istilah investasi sosial masih kalah bersaing dengan investasi emas dan saham. Padahal, ada banyak tempat dimana kamu dapat mengeksplorasi impact investment. Selain berbasis lingkungan, investasi sosial juga bisa kamu lakukan di sektor pendidikan Indonesia yang harus lebih maju lagi. DANAdidik sebagai platform pinjaman pendidikan pertama di Indonesia siap membantu kamu sebagai calon Impact Investor. Ayo investasikan rupiah kamu untuk menebarkan manfaat yang lebih luas untuk kemajuan pendidikan tinggi Indonesia!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.