8 Tips Liburan Minim Budget yang Aman Buat Kantong

8 Tips Liburan Minim Budget yang Aman Buat Kantong – Liburan menjadi kegiatan yang penting untuk menyegarkan kembali pikiran kita, apalagi untuk mahasiswa dan orang yang sudah bekerja. Namun, uang dan waktu selalu menjadi penghalang rencana liburan. 

Guna mencari waktu liburan, kamu mungkin bisa memanfaatkan libur akhir pekan, hari besar, dan mengambil cuti. Lantas, bagaimana cara mengatasi budget untuk liburan? Ditambah lagi pengeluaran kamu untuk membayar tagihan sudah membengkak. 

Tenang saja, kamu masih bisa liburan kok meski minim budget. Dari mulai membuat anggaran, menyusun strategi liburan, hingga melakukan investasi, berikut ini DANAdidik telah merangkum 8 tips supaya kamu tetap bisa liburan meski budget pas-pasan.

Membuat Anggaran

Kunci dari menyusun rencana untuk berlibur dengan budget minim adalah menyusun anggaran sedemikian rupa. Selain untuk berhemat, salah satu langkah perencanaan keuangan ini juga penting untuk membuat kamu tetap fokus saat mengeluarkan uang untuk keperluan liburan tersebut. Anggaran bukan hanya biaya penginapan, transportasi, dan makan, namun perhitungkan juga biaya lain-lain seperti parkir, sewa-menyewa, dan lain sebagainya. Biasanya biaya yang sering terlupakan itu bisa lumayan berpengaruh lho!

Cek Promo 

Setelah membuat anggaran dengan seksama, saatnya berburu promosi! Cek semua media sosial dan platform terkait. Misalnya media sosial Giladiskon, Lakupon, juga media sosial tour travel yang sering memberikan promo penerbangan dengan harga miring. Patikan sumber yang kamu dapat kredibel ya! Pastikan lagi segala testimoni dari pelanggan sebelumnya. 

Menyusun Tujuan dan Itinerary Liburan

Selanjutnya, tentukan tujuan liburan yang sesuai dengan budget. Buat juga rencana perjalanan atau itinerary. Selain membantu kamu menentukan tujuan, itinerary juga penting untuk memudahkan kamu melakukan pencarian di internet sebelum pergi. Jangan lupa juga untuk menanyakan ke teman yang sudah pergi ke destinasi itu sebelumnya, karena barangkali ia mempunyai tips yang belum dipublikasi di internet sebelumnya.

Liburan Dadakan 

Berbanding terbalik dengan tips sebelumnya, terkadang liburan dadakan juga bisa memangkas pengeluaran lho! Misalnya saja, kamu tiba-tiba melihat suatu maskapai penerbangan sedang mengadakan diskon besar-besaran, disertai promo kupon hotel milik kamu yang mungkin akan kadaluarsa. Tidak ada salahnya kok liburan tanpa itinerary, malahan lebih memacu adrenalin karena kamu tidak merencanakan akan ke mana sebelumnya.

Memilih Penginapan

Alangkah lebih baiknya jika kamu memiliki kenalan di destinasi yang kamu tuju, sehingga bisa menumpang tinggal untuk sementara. Namun, banyak kok cara lain supaya penginapan tidak menjadi pengeluaran yang besar, terlebih lagi tujuan kamu berlibur untuk keluar dan jalan-jalan bukan? Kamu bisa mempertimbangkan untuk menginap di hostel alih-alih di hotel mahal. Beruntungnya, sekarang banyak aplikasi yang menyediakan bed and breakfast serta penginapan murah di bawah Rp 200.000 per malamnya. 

Mencari Rekan Berlibur

Solo travelling memang seru, namun kalau kamu mau lebih hemat carilah rekan berlibur! Teman berlibur akan sangat berpengaruh pada anggaran kamu, karena biaya penginapan, transport, sampai makan bisa ditanggung berdua atau lebih. Apalagi, banyak promo tiket yang memiliki sistem rombongan, artinya semakin banyak orang yang ikut kamu jalan-jalan, akan semakin murah tiketnya!

Memilih Transportasi

Menggunakan maskapai penerbangan memang cepat, namun kalau kamu memiliki budget minim terkadang jalur darat bisa lebih murah. Cek kembali setiap platform tempat booking tiket transportasi, pilihlah yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Jika kamu memang menggunakan pesawat, jangan lupa untuk menghitung juga biaya transportasi damri atau ke bandaranya yang kalau dihitung-hitung akan cukup berpengaruh. 

Rencanakan dari Jauh Hari dan Lakukan Investasi!

Perencanaan yang matang memang jalan keluar paling mutakhir untuk hidup hemat, begitu pula untuk liburan. Tentukan misalnya bulan ini tahun depan kemana kamu mau pergi. Selanjutnya, kamu tinggal menyisihkan penghasilan dan mencari uang tambahan untuk melaksanakan niatan tersebut!

Namun, alangkah lebih baiknya jika kamu melakukan investasi daripada sekedar menabung. Karena dengan berinvestasi uang yang kamu miliki akan bertumbuh. Coba lakukan investasi P2P Lending yang tengah digandrungi anak muda sekarang. Misalnya dengan investasi di P2P Lending DANAdidik, kamu bisa mendapatkan promo cashback Rp 50.000 dengan minimal investasi Rp 250.000, kamu juga pastinya akan mendapat imbal hasil sebesar 12 hingga 15 persen dengan suku bunga flat pe tahunnya. 

Tertarik untuk Investasi? Ikuti Langkahnya pada Artikel di Bawah Ini!

Lender Baru? Simak Dulu Cara Investasi di P2P Lending DANAdidik

Kontak kami:

WhatsApp Business : https://api.whatsapp.com/send?phone=6285695795162

Helpdesk DANAdidik : https://help.danadidik.id

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.