7 Aktivitas Ramadan Ini Dijamin Bikin Kamu Nostalgia

Bernostalgia memang menyenangkan, apalagi nostalgia masa kecil. Kalau kamu merupakan salah satu generasi milenial yang tahun ini menginjak usia di atas 20 tahun, nostalgia kegiatan 90an menjadi momen yang merindukan. Apalagi, kini kita sedang merasakan berkah Ramadan.

Bagi generasi milenial yang masa kecil Ramadannya tanpa gadget dan barang elektronik yang mutakhir, sekedar bermain sarung atau petasan bersama teman sudah sangat mengasyikan. Kamu juga pasti familiar dengan keliling-keliling perumahan untuk pawai obor dan takbiran.

Mulai dari hanya setengah hari puasa, sampai mengisi buku agenda Ramadan, artikel DANAdidik kali ini akan membahas tujuh kegiatan yang dijamin bakalan sukses bikin kamu kangen Ramadan masa kecil!

Puasa Setengah Hari (Puasa Bedug)

Image by ambroo from Pixabay

Jujur saja, saat masih kecil kamu pasti pernah bukan merasakan puasa bedug? Dahulu, puasa seharian penuh memang terasa sulit dilakukan. Biasanya, orangtua kita mengajarkan berpuasa dengan puasa setengah hari atau lazim disebut puasa bedug. Istilah puasa bedug tercipta karena buka puasa dilakukan saat bedug Zuhur atau bisa juga Ashar. Padahal, tanggung juga ya kalau puasa hanya sampai Ashar.

Semasa sekolah dasar, tidak jarang kita merasa gengsi karena teman-teman yang lain sudah ada yang puasa penuh. Pada akhirnya malah mengaku puasa penuh padahal sampai rumah buka puasa. Hayo siapa yang pernah seperti itu?

Acara Televisi Ramadan

Tribunnews

“Pak Haji siap? Zidan siap? Bismillahirahmanirahim..”

Siapa sih yang tidak kenal kalimat di atas? Ya, kalimat tersebut adalah kata-kata andalah yang sering diucapkan dalam acara televisi Lorong Waktu. Sinetron yang melekat dengan nuansa Ramadan ini pertama kali tayang tahun 1999 sampai akhirnya selesai di musim 6 di tahun 2006. Jangan sedih, sekarang Lorong Waktu dibuat versi animasinya lho! Keren ya.

Selain Lorong waktu, masih banyak acara TV yang mengingatkan kita pada Ramadan masa kecil, seperti Para Pencari Tuhan, acara Hidangan Ramadan oleh Ibu Sisca Soewitomo yang terkenal dengan acara Aroma, hingga acara Sahur Kita nya Eko Patrio. Ayo, coba ingat-ingat lagi, acara mana yang menjadi favoritmu dahulu?

Mengisi Agenda Ramadan

Hipwee

Semasa sekolah dasar sampai sekolah menengah, kamu pasti ditugaskan untuk mengisi sebuah buku selama Ramadan. Buku agenda Ramadan memang seperti buku wajib anak-anak dulu. Biasanya, guru akan meminta buku ini ketika masuk sekolah lagi setelah libur lebaran. Hayo mengaku, siapa yang baru mengisi buku ini di hari akhir Ramadan? Atau malah menyontek teman atau mengarang bebas agenda Ramadan kamu?

Mengusap-usap Sajadah Saat Tarawih

Sumber Foto

Pergi tarawih bersama keluarga atau teman-teman memang menyenangkan, walaupun saat kecil pada akhirnya kamu hanya tarawih sebentar lalu duduk atau malah bermain. Daripada diam saja, kamu pasti pernah iseng-iseng mengusap-usap sajadah sembari menunggu orangtuamu menyelesaikan solatnya. Atau kalau kamu lupa tarawih rakaat berapa, pernahkah kamu menghitungnya dengan membuat garis demi garis pada sajadahmu?

Perang Sarung

www.sicecep.com

Ini biasanya dilakukan oleh anak laki-laki ketika ia selesai solat tarawih. Selain perang sarung, banyak kegiatan lainnya juga lho, seperti bermain petasan, main karet, dan main petak umpet.  Mulai dari perang sarung sampai main lompat karet di halaman. Yah namanya juga anak-anak. Sekarang setelah besar mungkin kamu akan mencibir anak-anak iseng itu, padahal dulu kamu juga suka gitu bukan?

Pesantren Kilat

www.webblogkkn.unsyiah.ac.id

Biasanya, sekolah punya cara sendiri supaya anak muridnya rajin solat dan mengaji. Nah, pesantren kilat biasanya hadir untuk itu. Biasanya kegiatan yang sering disingkat silat ini dilakukan di sekolah atau bahkan di pesantren yang sesungguhnya.

Anak-anak biasanya senang dengan pesantren kilat, karena kegiatan belajar mengajar ditiadakan. Kamu hanya perlu duduk, mendengarkan ceramah, cerita nabi, mengaji, dan solat. Tapi tetap saja banyak waktu longgarnya untuk mengobrol dan bermain bersama teman-teman. Namanya juga anak-anak, kita dulu pasti lebih ingat bermainnya daripada mengaji.

Takbiran dan Keliling Meminta Kue Lebaran

Republika

Suatu kesenangan tersendiri apabila kita sudah berada di penghujung Ramadan dan takbir serta kembang api sudah merajalela. Lantas, apakah kamu pernah memukul bedug dan takbiran? Sehabis itu keliling perumahan untuk meminta kue dan THR pada tetangga?

Nah, itu dia tujuh aktivitas Ramadan yang bakalan bikin kamu nostalgia masa kecil. Semoga momen seperti ini tetap menjadi tradisi baik di bulan Ramadan yang dapat anak cucu kita nikmati juga ya!

Danadidik.id adalah pinjaman pendidikan pertama Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Ayo, investasikan rupiah kamu untuk menebarkan impact/ manfaat yang lebih luas untuk kemajuan pendidikan tinggi Indonesia! #SemuaBisaKuliah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.