6 Keuntungan Investasi di P2P Lending

Dari sembako hingga emas, sekarang membeli sesuatu terasa lebih mudah berkat digitalisasi. Begitupun dengan pinjam-meminjam uang, kini banyak ‘wadah online’ yang mempertemukan peminjam (borrower) atau pemberi pinjaman (lender). Wadah, atau yang lazim disebut platform, tersebut dinamakan Peer to Peer atau P2P Lending.

Panjangnya langkah yang harus ditempuh jika mengajukan pinjaman ke bank membuat orang-orang beralih ke P2P Lending sebagai alternatif yang lebih simpel. Sebagai perkenalan singkat, P2P Lending sendiri merupakan penyelenggara jasa keuangan yang menghubungkan pemberi pinjaman (lender atau investor) dan peminjam (borrower) pada platform online tanpa bank yang bertindak sebagai pihak ketiga. Tertarik mencoba menjadi investor atau peminjam di P2P Lending? Simak enam keuntungan apa saja yang bakal anda dapatkan.

Mudah dan Cepat untuk Memulai

Ada banyak orang yang tertarik berinvestasi, tetapi belum apa-apa sudah terintimidasi oleh betapa rumitnya pemahaman yang harus dimiliki. Misalnya, jika ingin mencoba keberuntungan di pasar saham, harus dapat membaca angka-angka, tahu banyak tentang perusahaan tempat berinvestasi, dan lain-lain.

Sementara itu, berinvestasi dalam pinjaman P2P sangat mudah, dan anda tidak perlu menjadi pakar bisnis untuk memulai. Misalnya, dengan DANAdidik, proses aplikasi membutuhkan waktu kurang dari satu jam, setelah itu anda siap untuk berinvestasi. Selain itu, jika tidak cukup percaya diri untuk membuat keputusan berinvestasi, kami dapat membantu memilihkan mahasiswa mana yang ingin diinvestasikan. Selain mendapat keuntungan finansial, sebagai lender anda turut mendukung pendidikan Indonesia.

Modal Minim

Banyak orang yang mempertimbangkan untuk berinvestasi karena terhalang oleh jumlah modal yang diperlukan untuk memulai. Misalnya, jika ingin mulai berinvestasi di bidang properti, anda harus mengeluarkan puluhan juta rupiah untuk setoran pada properti pertama anda. Namun, dengan pinjaman P2P, anda tidak perlu memiliki banyak uang untuk mulai berinvestasi. Misalnya, dengan modal Rp 100.000, anda dapat ikut berkontribusi untuk mengurangi angka putus kuliah di Indonesia bersama DANAdidik.

Lebih Baik dari Tabungan

Inflasi merupakan sesuatu yang pasti terjadi di setiap negara setiap tahunnya. Faktanya, anda sebenarnya kehilangan uang dengan menyimpan tabungan di bank, karena inflasi dapat bernilai sekitar 2% sampai 3%. Seberapa gila itu? Pinjaman P2P adalah cara yang jauh lebih baik untuk menumbuhkan uang Anda.

Risiko Diperkecil dengan Diversifikasi

Bagi investor yang paham cara kerja investasi pasti paham risiko tidak dapat dihindari. Jika anda mendiversifikasi pinjaman, alih-alih mendanai seluruh pinjaman pada satu mahasiswa, menambahkan beberapa rupiah ke berbagai mahasiswa menjadi langkah yang lebih baik. Hal ini agar investor dapat meminimalisir risiko gagal bayar. Meskipun begitu, lender tidak perlu takut untuk berinvestasi karena DANAdidik telah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), selain itu kredibilitas dan jam terbang perusahaan juga tidak perlu dipertanyakan karena DANAdidik merupakan pinjaman pendidikan pertama Indonesia.

Tepat untuk Pendapatan Pasif

Banyak orang hanya memiliki satu sumber pendapatan. Sumber tersebut, tentu saja, adalah gaji mereka. Dalam masyarakat kita, kita melihat situasi ini benar-benar normal, tetapi sebenarnya sangat berisiko. Mengapa?

Coba pikirkan. Ketika anda hanya memiliki satu sumber penghasilan, jika aliran itu terputus karena alasan apa pun, anda langsung berada dalam posisi yang sangat sulit. Terlepas dari itu, semua orang memang dapat kehilangan pekerjaannya dalam sekejap. Itulah mengapa memiliki banyak sumber pendapatan sangat penting, salah satunya dengan berinvestasi. P2P Lending adalah salah satu cara termudah untuk menciptakan aliran pendapatan pasif.

Membantu Orang Lain

DANAdidik adalah yang memiliki misi sosial untuk membangun pendidikan Indonesia ke arah yang lebih baik. Maka dari itu, produk yang ditawarkan berupa investasi sosial. Investor atau lender yang berencana untuk mendiversifikasikan investasi pada P2P Lending DANAdidik mendapat kesempatan emas untuk turut membangun ekonomi negeri dengan mendanai mahasiswa yang memiliki potensi. Mari, wujudkan mimpi #SemuaBisaKuliah dan bantu #AnakDidik menggapai cita-citanya!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.