5 Tips Supaya Tetap Hemat Selama Bulan Ramadan

Saat bulan Ramadan kita hanya perlu makan dua kali, yaitu saat sahur dan berbuka. Meski terkesan memotong budget konsumsi, tetapi nyatanya bulan puasa malah membuat pengeluaran membengkak lho!

Istilah “lapar mata” ketika kita berburu takjil, juga tawaran buka bersama dengan embel-embel reuni dimana-mana membuat rencana pengeluaran jadi berantakan. Belum lagi bahan pangan yang kerap naik menjelang Ramadan. Salah-salah, bukannya berhemat kalian malah boros dua kali lipat!

Supaya perencanaan keuanganmu tetap teratur, DANAdidik telah merangkum lima tips supaya tetap hemat selama bulan Ramadan. Selamat mencoba!

Batasi Pengeluaran Buka Bersama (Bukber)

Ajakan buka bersama memang menggiurkan. Bertemu sanak saudara, teman, sampai mantan mungkin terdengar menyenangkan, tapi kita harus hati-hati lho! Terlalu banyak menerima tawaran berbuka bersama atau BukBer bisa mengganggu perencanaan keuanganmu.

Bayangkan saja, misalnya kamu asik bercengkrama dengan kawan lama saat buka bersama di restoran, kamu akan lupa waktu dan cenderung memesan makanan tambahan. Selain tidak ramah bagi berat badan, ini juga tidak ramah bagi kantong. Belum lagi kalau kamu banyak ajakan buka bersama.

Hal yang dapat kamu lakukan untuk hemat adalah membatasi kegiatan buka bersama. Alih-alih makan di luar, kenapa tidak berkumpul di rumah sahabatmu sambil masing-masing temanmu membawa makanan? Ingatlah, tujuan utama berbuka bersama sejatinya adalah menjalin silaturahmi.

Bingung merencanakan budget buka bersama sementara tagihan biaya pendidikan membludak? Cobalah mengajukan pinjaman pendidikan lunak di DANAdidik.id.

Cari Promo dan Diskon

Ramadan memang menjadi momen yang spesial bagi masyarakat Indonesia. Tidak heran, banyak bisnis yang memasarkan produknya dengan promo-promo Ramadan yang menarik. Manfaatkanlah momen Ramadan ini sebagai ajang berburu promo!

Kalau kamu mencari promo makanan, biasanya, rumah makan sering memberikan voucher. Kamu juga harus sering-sering melihat informasi di media sosial khusus katalog promosi. Selain itu, aplikasi-aplikasi ojek online juga masih rajin memberikan promo tuh! Selain promo makanan, perhatikan juga promo-promo untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Untuk tips belanja bulanan, simak tips selanjutnya!

Belanja Bulanan dalam Jumlah Besar

Supaya hemat, belanja lah dalam jumlah besar. Lebih baik lagi kalau kamu belanja kebutuhan sehari-hari sebelum bulan puasa, tepatnya sebelum harga bahan pokok naik. Meskipun terkesan boros, tetapi berbelanja dalam jumlah besar di awal bulan lebih hemat dari belanja sedikit-sedikit ketika bulan Ramadan telah datang. Hal ini karena terkadang beberapa supermarket berkenan memberikan harga lebih murah pada barang-barang yang dibeli dalam jumlah banyak sekaligus. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan katalog promosi ya!

Membuat Takjil dan Kue Lebaran Sendiri

Tingkatkan kreativitas dan kemampuan memasakmu dengan membuat takjil sampai kue lebaran sendiri. Membuat takjil sendiri akan menjauhkan kamu dari godaan “lapar mata” saat berburu takjil. Selain itu, waktu ngabuburit yang kamu habiskan juga lebih bermanfaat, bukan? Cara lain berhemat dalam pengeluaran takjil adalah buka bersama di masjid. Selain takjil gratis, kamu juga akan lebih memantapkan ibadah mu. Tidak ada salahnya mencoba!

Selain takjil, menjelang lebaran biasanya kita memasok kue-kue untuk sanak saudara yang datang. Tapi sayangnya kue-kue yang dikemas sedemikian rupa itu cukup mahal. Alasan mahalnya harga kue lebaran adalah bahan pokok yang naik, membuat penjual menaikan harganya dua kali lipat. Alternatif terbaik yang dapat kamu lakukan adalah membuat sendiri! Kalau kamu tidak punya pemanggangang dan alat-alat yang memadai, cobalah resep-resep sederhana tanpa oven! Sekarang banyak lho yang memberikan resepnya di internet, lagipula kue lebaran kan tidak melulu harus nastar!

Mencari Penghasilan Tambahan

Jangan habiskan waktu di bulan Ramadan dengan kegiatan yang sia-sia! Kamu bisa mencari pahala sambil mendapatkan uang tambahan lho! Misalnya saja dengan menjadi #KontributorDANAdidik!

Dengan membuat tulisan yang berkaitan dengan DANAdidik dan pinjaman pendidikan, kamu berhak mendapatkan sejumlah fee sekaligus mendapatkan pahala karena telah menyebarkan informasi baik. Dengan menjadi #KontributorDANAdidik, kamu juga turut serta mengurangi angka putus kuliah di Indonesia. Tunggu apalagi? Hubungi nomor yang tertera segera! #SemuaBisaKuliah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.