5 Tips Mengatur Keuangan Menjelang Lebaran

Tidak terasa kita telah memasuki minggu akhir Ramadan 1440 Hijriyah. Artinya, sebentar lagi umat muslim di seluruh dunia akan menyambut Lebaran. Hari kemenangan menjadi hari spesial yang dinanti-nanti, makanya mempersiapkan Lebaran secara cermat sangat lah penting.

Hal yang paling sering dibahas dalam mempersiapkan Lebaran adalah anggaran. Tidak bisa dipungkiri bahwa kita mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menyambut Lebaran. Keperluan mudik, membeli baju baru, mempersiapkan masakan lebaran, zakat fitrah, dan masih banyak lagi membuat kita harus pintar-pintar dalam merencanakan keuangan. Supaya memudahkan kalian, berikut lima tips mengatur keuangan menjelang Lebaran yang telah dirangkum oleh DANAdidik.

Catat Pengeluaran

Mencatat pengeluaran menjadi tahap awal dalam strategi perencanaan keuangan yang baik. Dengan melakukan pencatatan pengeluaran, kamu dapat menghindari hal yang tidak diinginkan dari kondisi keuangan yang buruk. Saat kamu melakukan pencatatan pengeluaran, kamu akan mengetahui berapa dana yang terdapat dalam pundi-pundi keuanganmu, sekaligus mengetahui  kebutuhan mana saja yang telah kamu penuhi. Selain itu, kamu juga dapat memperkirakan kebutuhan apa yang selanjutnya harus dipenuhi dan merencanakan strategi keuangannya.

Membuat Usaha Sampingan

Ramadan dan Lebaran menjadi momen yang paling pas untuk berusaha sampingan. Peluang untuk bisnis-bisnis musiman biasanya banyak mengingat permintaan pasar yang cukup tinggi. Mulai dari bisnis kue kering, berjualan hampers atau parsel, sampai peluang mendapatkan uang lainnya. Usaha sampingan sangat membantu guna mengamankan kondisi keuangan menjelang Lebaran yang cenderung memburuk. Lumayan lho kamu juga jadi bisa belajar berusaha, semoga beruntung!

Sisihkan Keperluan Mudik

Mudik atau pulang kampung menjadi kegiatan khas Indonesia setiap menjelang Lebaran. Mudik  biasanya paling banyak membutuhkan biaya. Makanya, kamu harus merencanakan mudik secara seksama, apalagi jika budget yang kamu miliki pas-pasan.

Alangkah baiknya jika biaya perjalanan mudik dipisahkan dari keperluan Lebaran lainnya. Beberapa hal yang termasuk dalam biaya mudik adalah tiket transportasi umum, bensin serta biaya tol jika menggunakan mobil pribadi, biaya selama perjalanan termasuk makan dan obat-obatan, oleh-oleh, tiket masuk tempat rekreasi, dan sebagainya. Usahakan selama mudik bawa uang tunai secukupnya saja, agar kamu tidak tergoda membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Lebaran Tidak Melulu Baju Baru

Mungkin Lebaran akan semakin semarak dengan pakaian baru yang berwarna senada dengan keluargamu. Tapi, tanyakan kembali, apakah penting untuk membeli pakaian baru? Atau apakah baju lama bisa kamu padu padankan, sehingga kamu tidak perlu membeli pakaian baru? Ingat kembali bahwa sahnya esensi Lebaran adalah berkumpul dan bersilaturahmi beersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Belajar Investasi

Istilah investasi masih sering dikaitkan dengan rencana keuangan yang rumit. Padahal, bukan hanya untuk profesional, investasi juga dapat dilakukan oleh pemula dan anak muda lho! Apalagi, kemajuan internet dan teknologi dan berkembangnya revolusi industri 4.0 memudahkan masyarakat untuk mengembangkan lagi rencana investasinya.

Daripada sekedar ditabung, uang THR yang kamu dapatkan untuk keperluan Lebaran dapat kamu alokasikan sebagian untuk investasi. Kalau kamu bijaksana dalam hal finansial, mulailah mencari tahu jenis-jenis investasi beserta risikonya.

Investasi P2P Lending cocok buat kamu para generasi milenial yang baru mulai berinvestasi! Banyak keuntungannya lho kalau kamu baru pertama kali mencoba investasi P2P! Seperti DANAdidik yang menawarkan promo cashback bagi kamu yang baru pertama kali investasi pada platform pinjaman pendidikan ini. Banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi lender di DANAdidik.id. Diantaranya kamu turut memberikan dampak sosial bagi kemajuan sektor pendidikan, ekonomi, sampai kesehatan di Indonesia, mendapatkan imbal hasil/ return hingga 12 – 15 % flat per tahun. Ikuti juga program referral investasi dan dapatkan Rp 50.000 (berlaku kelipatan). Hubungi WhatsApp untuk info lebih lanjut perihal investasi sosial di DANAdidik! #SemuaBisaKuliah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.