5 Resolusi Tahun Baru yang Cocok untuk Mahasiswa

Sebentar lagi kita akan menyambut tahun baru 2020, apakah kamu sudah menyusun resolusi? Kata tahun baru dan resolusi memang erat kaitannya. Resolusi tahun baru bisa menjadi semangat yang memicu kamu meraih impian di tahun yang akan datang. Entah akan tercapai atau tidak, tidak ada salahnya untuk menyusun beberapa resolusi supaya kamu memiliki pegangan untuk tahun depan. Apalagi untuk mehasiswa, pasti banyak impian dan harapan yang ingin dicapai.

Sebagai mahasiswa, keinginan terbesar mungkin cepat lulus dan akhirnya bisa menerapkan ilmu yang dipelajari di dunia kerja. Namun, selain itu pasti banyak impian lain yang ingin kalian capai. DANAdidik akan merangkum beberapa inspirasi resolusi yang mungkin terdengar sepele, namun besar pengaruhnya lho!

Lebih Dekat dengan Dosen

Berhubungan baik dengan dosen itu penting lho! Terutama untuk para mahasiswa yang mengincar beasiswa luar negeri. Persyaratan untuk mendapat beasiswa ke luar negeri sangat ketat. Nantinya, surat referensi dari dosen lah yang akan menjadi tiket emas bagi kalian yang ingin kuliah ke luar negeri. Sayangnya, masih banyak mahasiswa Indonesia yang kesulitan membina hubungan baik dengan dosennya. Padahal, selain alasan di atas, lebih dekat dengan dosen juga dapat memperbesar jaringan yang kalian miliki lho.

Selagi di penghujung tahun, perbanyak relasi dengan dosen dan jadikan hal ini sebagai salah satu resolusi kamu untuk menyambut tahun ajaran baru! Mulai sekarang, jangan ragu untuk menanyakan hal apapun pada dosen kamu. Jangan malu jika kamu memiliki banyak pertanyaan, karena dosen justru suka jika mahasiswanya lebih kritis, bukan?

Ikut Organisasi & Kegiatan Kampus

Sebagai mahasiswa, setidaknya kamu harus memiliki pengalaman berorganisasi minimal satu kali. Bukan hanya bagus untuk CV kamu, berorganisasi juga dapat meningkatkan relasi juga kemampuan kepemimpinan. Jangan pandang sebelah mata pengalaman kepanitian kamu lho! Baik menjadi ketua pelaksana sampai tim danusan, peran yang kamu ambil itu berarti. Apalagi, saat di dunia kerja nanti, ada saatnya dimana kamu merasa skill yang kamu dapatkan dari berorganisasi dapat diterapkan. Misalnya, kemampuan mengorganisir waktu, kemampuan memimpin, dan problem solving. Yuk, mulai sekarang kembangkan lagi kemampuan kamu dengan ikut organisasi dan kegiatan kampus!

Lulus Tepat Waktu

Lulus tepat waktu wajib menjadi resolusi bagi mahasiswa tingkat akhir yang tahun depan akan menyelesaikan studinya. Hampir semua mahasiswa tentu ingin lulus tepat waktu. Namun, kebiasaan malas gerak dan menunda-nunda kerap kali menjadi hambatan. Mulai dari malas menyusun BAB demi BAB, sampai alasan malas menemui dosen pembimbing karena jauh.

Padahal dengan lulus tepat waktu, kamu tidak perlu memusingkan perkataan orang lain yang sering menanyakan “kapan lulus?”. Kamu juga tidak perlu memusingkan biaya kuliah dan bisa segera mengatur persiapan masuk dunia kaerja, seperti yanga akn di bawah pada topik selanjutnya.

Dapat Kerja Sesuai Keinginan

Setelah lulus, jangan lupa untuk membuat resolusi dan berdoa agar mendapat pekerjaan sesuai kemampuan dan keinginan. Gunakan waktu sebelum lulus sebagai persiapan menghadapi dunia kerja. Mulai dari membuat CV, menyusun portofolio, melakukan magang, dan masih banyak lagi. Sebagai mahasiswa, tidak ada salahnya mempersiapkan dunia kerja dari sekarang. Malah, membuat profil LinkedIn dan melihat-lihat loker bisa jadi memicu kamu supaya semangat ingin cepat lulus lho!

Kuliah Bayar Sendiri? Siapa Takut!

Tantang diri untuk bisa lebih mandiri di tahun yang akan datang. Salah satu langkah kemandirian yang bisa dilakukan mahasiswa adalah dengan membayar uang kuliah sendiri. Mungkin akan lebih mudah jika kamu mahasiswa kelas karyawan, namun banyak juga kok cara mencari penghasilan kalau kamu mahasiswa kelas reguler. Misalnya, mencari pekerjaan paruh waktu. Kamu bisa dengan mudah mengakses informasi lewat beberapa platform online dan media sosial. 

Namun, pada kenyataannya bekerja paruh waktu saja tidak cukup untuk membayar uang kuliah sepenuhnya. Apalagi untuk mahasiswa jurusan kesehatan yang terkenal dengan biaya kuliah yang tinggi. Beasiswa bisa menjadi pilihan, tetapi persyaratannya sangat ketat untuk beasiswa fully funded. Tenang saja, masih ada cara ketiga, yaitu mencari akses pinjaman pendidikan.

Meski masih terbatas dan kerap dianggap negatif, industri pinjaman pendidikan atau student loan sendiri didukung oleh Presiden Jokowi. Sayangnya, bank-bank BUMN masih belum berani untuk menghadirkan pinjaman kuliah khusus mahasiswa. Makanya, kini hadir beberapa platform online khusus pinjaman pendidikan. Aman kok, dengan catatan telah terdaftar dan diawasi OJK dan mahasiswanya juga awas akan penipuan. Perlu diingat bahwa beberapa pinjaman online yang menipu itu tidak ada legalitasnya. 

DANAdidik sebagai  pinjaman pendidikan pertama di Indonesia telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), juga mendapat dukungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti). Kamu bisa melihat syarat dan ketentuannya pada website di sini!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.