5 Film Tentang Startup Ini Wajib Ditonton Calon Pengusaha Sukses!

5 Film Tentang Startup Ini Wajib Ditonton Calon Pengusaha Sukses! – Kebanyakan orang lebih memilih menjadi pengusaha. Tentu saja, sebagai pengusaha kamu akan lebih bebas, kamu juga bisa memberikan dampak bagi masyarakat dengan menghasilkan lapangan pekerjaan. Namun, sebagai calon pengusaha, banyak yang harus kamu korbankan.

Seiring dengan majunya teknologi, peluang kamu membangun bisnis semakin besar, apalagi perusahaan startup berbasis teknologi. Banyak kok program, baik swasta maupun pemerintah, yang menampung ide-ide bisnis startup. Tapi, terkadang niat kamu menjadi CEO harus terbentur karena kurangnya motivasi.

Pengusaha membutuhkan inspirasi dari waktu ke waktu. Tidak ada cara yang lebih baik dari istirahat dan memancing inovasi lewat seni, musik, dan tentu saja: Film! Sembari menemani akhir pekanmu, berikut ini DANAdidik telah mengumpulkan 5 judul film inspiratif yang harus ditonton setiap calon pengusaha startup sukses.

Startup.com

Peringkat di iMDB: 7.1/10

Startup.com adalah film dokumenter yang dirilis pada tahun 2001. Film besutan sutradara Chris Hegedus dan Jehane Noujaim ini menceritakan tentang jatuh bangunnya startup GovWorks yang menghasilkan $ 60 juta (sekitar Rp 845 miliar) dari Hearst Interactive Media, KKR, the New York Investment Fund, dan Sapient. Film yang diangkat dari kisah nyata ini sangat pas untuk kamu yang ingin mengenal seluk-beluk dunia bisnis dan startup. Startup.com akan membuatmu lebih mengerti era awal internet modern, juga persahabatan yang dapat dengan mudah terancam oleh kemitraan bisnis.

Kenapa harus menonton? Selain menunjukkan kepada kamu era gelembung dotcom, film dokumenter ini juga memberi tahu kamu kisah tentang bagaimana persahabatan dapat berubah menjadi persaingan sengit karena politik internal.

Adegan Terbaik: Kamu bisa menonton penuh filnya di YouTube lho! Silakan klik gambar di atas ya.

Pirates of Silicon Valley

Peringkat di iMDB: 7.3/10

Siapa sih yang tidak mengenal Steve Jobs dan Bill Gates? Cerita mereka membangun perusahaan teknologi raksasa Apple dan Microsoft tersebut diceritakan lewat film Pirates of Silicon Valley. Berdasarkan buku Fire in the Valley: The Making of the Personal Computer, film besutan sutradara Martyn Burke ini mengeksplorasi persaingan antara Steve Jobs dan Bill Gates antara tahun 1971 – 1997. Film ini dirilis pada tahun 1999, tepat ketika Steve Jobs berkembang pada babak keduanya di Apple.

Kenapa harus menonton? Film ini menunjukan sekilas dari awal yang sederhana dua perusahaan teknologi paling sukses di dunia.

Adegan Terbaik: Steve Jobs mewawancarai seorang calon karyawan Apple.

The Social Network

Peringkat di iMDB: 7.7/10

Disutradarai oleh David Fincher, film The Social Network (2010) bercerita tentang bagaimana Mark Zuckerberg menciptakan Facebook saat belajar di Harvard dan bagaimana ia kemudian digugat oleh dua kakak beradik yang mengaku Mark telah  mencuri ide mereka.

Kenapa harus menonton? Film ini memberi kamu pengetahuan sekilas tentang bagaimana Facebook dimulai, dan mengingatkan kamu bahwa perusahaan besar seringkali memiliki awal yang kecil.

Adegan Terbaik: Ketika Mark Zuckerberg bertemu Sean Parker untuk pertama kalinya.

Steve Jobs

Peringkat di iMDB: 7.2/10

Kalau Pirates of Silicon Valley menceritakan tentang persaingan antara Steve Jobs dan Bill Gates, Steve Jobs (2015) membawa kita ke belakang layar revolusi digital, untuk melukis potret sang pria di balik Apple ini.

Bukan versi Steve Jobs yang dibintangi Ashton Kutcher, tetapi Steve Jobs yang diperankan Michael Fassbender inilah yang diklaim sebagai film biografi Steve Jobs terbaik. Disutradarai oleh Danny Boyle dan ditulis oleh Aaron Sorkin (yang juga menulis The Social Network), film ini menyuguhkan jenis biografi yang berbeda. Isinya hanya 3 urutan, semuanya menggambarkan titik penting dalam kehidupan Jobs. Film ini mencakup pertunjukan brilian oleh Fassbender dan Kate Winslet.

Adegan Terbaik: Pekerjaan menghadapkan Sculley.

E-Dreams

Peringkat di iMDB: 6.9/10

Dirilis pada tahun 2001, E-Dreams adalah film dokumenter yang menceritakan tentang Kozmo.com, sebuah toko online yang menawarkan pengiriman cepat pembelian online. Film yang disutradarai Wonsuk Chin ini menunjukkan sang pendiri Kozmo.com, Joseph Park, yang mendiskusikan pengejaran putaran pengumpulan dana $ 100 juta + sementara kurir sepedanya tidak bisa mendapatkan gaji tepat waktu. Kozmo mengumpulkan lebih dari $ 250 juta sebelum kemudian ambruk. Relevansi E-Dreams hanya meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena generasi baru dari perusahaan baru telah membakar modal dan berjuang untuk mencapai unit ekonomi yang layak, bahkan ketika pendanaan dan penawaran untuk kategori merosot.

Calon Pengusaha Sukses Wajib Investasi!

Kalau kamu mengaku ingin menjadi pelaku startup suskes, salah satu kuncinya adalah mengetahu strategi perencanaan keuangan yang baik. Coba instrumen investasi P2P Lendingyang tengah jadi tren yuk! DANAdidik sebagai pinjaman pendidikan mahasiswa dapat menjadi platform yang tepat. Apalagi, DANAdidik kini tengah mengadakan sejumlah promo seperti cashback dan program referral #WaliDidik.

Dengan menjadi investor atau lender di DANAdidik, kamu bisa mendapatkan return sebesar 12 hingga 15 persen flat per tahun, sekaligus memberikan dampak baik bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Ayo, jadilah seorang lender dan kurangi angka putus kuliah di Indonesia! #SemuaBisaKuliah

Hubungi kontak di bawah ini untuk informasi lebih lanjut:

WhatsApp Business : +62 812 8986 2884

Dipo (+62 81 510 532 844) | dipo@danadidik.com

Helpdesk DANAdidik: https://help.danadidik.id/

Lender Baru? Simak Dulu Cara Investasi di P2P Lending DANAdidik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.