5 Cara Menyiapkan Tabungan Umrah dan Haji Supaya Cepat Terkumpul

5 Cara Menyiapkan Tabungan Umrah dan Haji Supaya Cepat Terkumpul Melaksanakan ibadah haji menjadi dambaan setiap umat Islam. Namun karena rukun Islam ke lima ini memerlukan biaya yang mahal dan waktu persiapan yang lumayan lama, ibadah Umrah lebih banyak diminati masyarakat Indonesia. Namun, tentu keduanya tetap mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Supaya bisa berangkat umrah, kamu bisa menggunakan jasa agen travel maupun mengurus semuanya sendiri. Kalau menggunakan agen, biayanya tentu berbeda setiap agennya. Biaya akan dibedakan tergantung dari fasilitas yang akan kamu dapat. Paket reguler biasanya berkisar antara Rp16 juta hingga Rp30 juta. Kalau kamu memiliki budget lebih dan ingin jalan-jalan setelah Umrah, banyak juga paket yang menawarkan umrah plus jalan-jalan ke Dubai dan Turki. Harganya berkisar antara Rp 40 sampai 47 juta.

Baca juga: Ingin Liburan Ke Luar Negeri Tapi Gaji UMR? Coba Lakukan 6 Hal Ini

Banyak cara yang dilakukan kaum muslimin dan muslimat di Indonesia untuk bisa mewujudkan mimpi berangkat ke tanah suci. Salah satunya dengan merencanakan keuangan dengan matang. Supaya bisa terwujud, baca dulu yuk 5 cara menyiapkan tabungan umrah dan haji supaya cepat terkumpul yang telah DANAdidik rangkum ini!

Niat dan Lakukan dari Sekarang

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa suatu niatan baik saja walau belum teramalkan akan mendapat pahala. Seperti dalam hadits qudsi, dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 

“إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ الْحَسَنَاتِ وَالسَّيِّئَاتِ ، ثُمَّ بَيَّنَ ذَلِكَ فَمَنْ هَمَّ بِحَسَنَةٍ فَلَمْ يَعْمَلْهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ عِنْدَهُ حَسَنَةً كَامِلَةً ، فَإِنْ هُوَ هَمَّ بِهَا فَعَمِلَهَا كَتَبَهَا اللَّهُ لَهُ عِنْدَهُ عَشْرَ حَسَنَاتٍ إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ إِلَى أَضْعَافٍ كَثِيرَةٍ

Artinya: “Sesungguhnya Allah mencatat berbagai kejelekan dan kebaikan lalu Dia menjelaskannya. Barangsiapa yang bertekad untuk melakukan kebaikan lantas tidak bisa terlaksana, maka Allah catat baginya satu kebaikan yang sempurna. Jika ia bertekad lantas bisa ia penuhi dengan melakukannya, maka Allah mencatat baginya 10 kebaikan hingga 700 kali lipatnya sampai lipatan yang banyak.” (HR. Bukhari no. 6491 dan Muslim no. 130)

Makanya, niatkan saja dulu hati untuk dapat berangkat haji dan umroh! Lalu, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memantapkan untuk menabung. Selain mendapat pahala, menyiapkan tabungan untuk bisa berangkat haji dan umroh sedari dini juga dapat membantu kamu tetap fokus mencapai keinginan mulia-mu itu!

Pinjaman Bank Syariah

Rata-rata bank syariah memiliki produk berupa pinjaman khusus haji dan umroh. Dengan jangka waktu (tenor) dan plafon pinjaman yang berbeda-beda tiap bank, kamu bisa meminjam uang untuk haji dan umroh dengan syarat beberapa dokumen, seperti KTP, slip gaji, dan dokumen pendukung lainnya. Beberapa bank juga menerapkan sistem jaminan atau agunan, jadi jangan lupa pertimbangkan hal tersebut. Kalau kamu masih belum yakin apakah meminjam di bank syariah sesuai syariat islam yang kamu pegang, lebih baik tanyakan terlebih dahulu pada ustaz yang kamu kenal. Selamat mencoba!

Menabung pada Agen Travel Haji dan Umrah

Walau sebenarnya Umrah dapat dilakukan dengan cara backpacker-an, umrah melalui agen travel masih menjadi favorit kebanyakan orang. Agen travel umrah dan haji biasanya memiliki program tabungan yang bisa diikuti oleh calon jemaah. Biasanya, kamu cukup memberikan tanda jadi sebagai jamaah sebesar Rp3,5 juta. Setelah itu, kamu akan mendapatkan voucher untuk berangkat umroh. Kemudian sisanya kamu hanya perlu memenuhi dengan cara menabung hingga lunas, sesuai dengan harga yang berlaku saat kamu menyelesaikan tabungan. Namun tetap waspada untuk memilih agen travel yang kredibel, karena sampai saat ini masih banyak yang melaporkan kasus penipuan, juga masih banyak korban yang uangnya belum dikembalikan. 

Baca juga: Investasi Vs Menabung: Mana yang Lebih Untung? Simak 4 Tips Berikut!

Tabungan Umrah di Fintech

Selain bank, perusahaan fintech sebagai lembaga keuangan non-bank juga bisa menjadi sarana kamu menabung umrah. Selain sebagai platform investasi syariah, banyak kok program tabungan umroh dan haji yang diselenggarakan beberapa fintech. Pilih saja yang sesuai dengan keyakinan kamu. Namun, jangan lupa untuk tetap memerhatikan regulasi. Fintech yang legal tentunya telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan atau OJK, seperti DANAdidik yang juga menjadi anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI), juga didukung langsung oleh pemerintah lewat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Investasi

Kelemahan menabung adalah uang yang kamu miliki tidak akan bertumbuh, untuk itulah investasi disinyalir menjadi langkah mengumpulkan uang yang lebih baik. Siapa bilang investasi memerlukan modal yang banyak, nyatanya cukup ratusan ribu kamu sudah bisa berinvestasi lho! Misalnya lewat platform Peer to Peer Lending DANAdidik sebagai fintech P2P Lending pinjaman pendidikan pertama di Indonesia yang menggunakan akad Ijarah.

Baca juga: DANAdidik: Pinjaman Pendidikan Syariah atau Tidak?

Ijarah diperbolehkan untuk memfasilitasi pembiayaan konsumtif yang tidak bertentangan dengan syariat, seperti kesehatan, pendidikan dan ibadah (haji dan umrah). DANAdidik dalam hal ini berfokus pada pendidikan.

Pembiayaan pendidikan diberikan oleh DANAdidik kepada pihak-pihak yang memerlukan dana (deficit unit), yakni mahasiswa kurang mampu yang sedang dalam masa akhir perkuliahannya. Sistem pengembalian serta jumlahnya telah diatur dan ditetapkan di awal dalam perjanjian yang disepakati bersama, serta DANAdidik menerapkan pengembalian dengan sistem bagi-hasil, yakni penentuan nominal pengembalian lewat besarnya penghasilan peminjam, sehingga dianggap tidak memberatkan.

Dalam ijarah, harus ditemukan ma’qud alaih yakni manfaat jasa dan upah. Di DANAdidik, sejumlah ma’qud alaih dari jasa dan upah yang ditetapkan adalah:

1) Biaya operasional serta fee untuk proses yang melibatkan pihak ketiga (transfer, ekspedisi, dan sebagainya)

2) Meringankan beban finansial mahasiswa dan wali

3) Mengangkat harkat dan martabat seseorang lewat pendidikan

4) Pengembalian yang diterima DANAdidik akan diputar kepada mahasiswa membutuhkan lain; di mana manfaatnya berputar dan kontinu

Kamu bahkan bisa menikmati promo cashback Rp 50.000 dengan berinvestasi minimal Rp 250.000, juga tentunya mendapatkan imbal hasil hingga 15% per tahun. Yuk, kurangi angka putus kuliah dengan investasi di DANAdidik sembari menabung untuk rencana haji dan umroh kamu! #SemuaBisaKuliah

Cara investasi, ikuti langkah pada artikel di bawah ini

Lender Baru? Simak Dulu Cara Investasi di P2P Lending DANAdidik

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.