4 Cara Cepat Kaya yang Cocok untuk Kaum Milenial

4 Cara Cepat Kaya untuk Generasi Milenial – Membicarakan keuangan dan milenial memang tidak ada habisnya. Generasi yang lahir di antara tahun 1980-an hingga awal 2000-an ini memang kerap memicu kontroversi. Salah satu diantaranya adalah anggapan bahwa generasi milenial tidak mampu mengatur keuangan.

Eits, ternyata anggapan itu tidak benar lho! Sebuah studi dari Inggris menunjukan bahwa masyarakat dengan usai di bawah 30-an saat ini (generasi milenial) sebenarnya menghabiskan uang lebih sedikit dari pada muda-mudi di bawah 30-an pada tahun 2001 (Generasi X).

Baca juga: 5 Tips Supaya Tetap Hemat di Era Cashless Society

Buat kamu para milenial, ada banyak cara supaya kamu bisa mencapai kebebasan finansial dan bisa cepat kaya. DANAdidik telah merangkum ke empat cara tersebut pada tips-tips di bawah ini, selamat mencoba!

Jauhi Gengsi

Photo by bruce mars from Pexels

Problematika banyak anak muda adalah gaya hidup. Terkadang, untuk memenuhi standar sosial kita cenderung memiliki gengsi yang tinggi. Padahal, hal tersebut dapat berdampak pada kondisi finansial kita lho!

Terang saja, dengan gengsi yang tinggi kamu akan cenderung membeli sesuatu karena ingin dipamerkan. Atau kamu membeli sesuatu karena rekan kamu memilikinya. Ingat, sesuaikanlah gaya hidup dengan gaji yang kamu miliki. Apalagi gaji para milenial biasanya belum besar dan karir mereka masih cenderung tidak stabil.

Coba Metode 50-30-20

Pisahkan pendapatan kamu dalam tiga jenis. Kurang lebih seperti ini, pisahkan 50% dari gaji kamu untuk kebutuhan (tagihan, bahan makanan, keperluan rumah tangga, transportasi, dll), 30% untuk keinginan (alias hal-hal yang menambah kegembiraan dalam hidup kamu, seperti berlibur atau happy hour dengan teman-teman), dan 20% untuk masa depan kamu, yang berarti tabungan dan investasi.

Cara yang kerap disebut LTD ini memang belum tentu akan cocok padamu, tentu saja karena mungkin akan banyak pengeluaran dadakan. Jadi jika kebutuhan kamu saat ini melebihi 50% dari gaji yang kamu miliki, pikirkan langkah-langkah yang mungkin ingin kamu ambil atau biaya yang mungkin dapat kamu kurangi untuk menciptakan perencanaan keuangan yang lebih mudah dicapai.

Investasi Sekarang Meski Hanya Ratusan Ribu

Mulailah berinvestasi semampu kamu sekarang, meski hanya ratusan ribu rupiah! Bahkan, kamu bisa banget lho mengalokasikan uang nongkrong-nongkrong dan ngopi kamu untuk investasi. 

Baca juga: 4 Alasan Harus Mulai Investasi dengan Uang Ngopi Kamu!

Untungnya, kini investasi tidak serumit dahulu dan dapat dilakukan dengan dana yang minim. Misalnya saja investasi Reksa Dana dan P2P Lending yang memerlukan modal mulai dari Rp 100.000 saja. Sebagai catatan, yang terpenting carilah tempat berinvestasi yang kredibel dan telah terdaftar serta diawasi Otoritas Jasa Keuangan.

Masih bingung memilih? Coba saja menginvestasikan uang kamu pada DANAdidik sebagai platform P2P Lending pinjaman pendidikan pertama di Indonesia! Selain OJK, DANAdidik juga telah mendapat dukungan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, sehingga calon investor tidak perlu ragu akan kredibilitasnya. 

Kalau kamu menginvestasikan dana pada DANAdidik, akan ada banyak mahasiswa di Indonesia yang terbantu hingga lulus dan bekerja, sehingga kamu tidak hanya memajukan sektor pendidikan, tapi juga sektor ekonomi di Indonesia. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan imbal hasil sebesar 15% flat per tahun dan promo cashback dengan minimal investasi Rp 250.000.

Tingkatkan Pendapatan

Jangan hanya bergantung pada satu sumber pemasukan. Carilah penghasilan tambahan dengan mencari peluang bisnis atau pekerjaan lepas waktu yang tidak mengganggu waktu kerja utama kamu! 

Baca juga: Bingung Cari Modal Usaha? Simak 5 Cara Mendapatkannya di Sini!

Susah mencari pekerjaan sampingan yang pas? DANAdidik memiliki program yang bisa kamu ikuti untuk menambah penghasilan. Kamu bisa menulis untuk DANAdidik dan menjadi kontributor, atau bisa juga mengikuti program referral #ImpactInvestor, jadi setiap ada investor masuk kamu berhak mendapatkan Rp 50.000.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.