4 Tips Supaya Kamu Cepat Kumpulkan Modal Nikah

4 Tips Supaya Kamu Cepat Kumpulkan Modal Nikah – Menikah menjadi dambaan rata-rata manusia. Menikah bahkan menikah dianggap sebagai penyempurna ibadah pada beberapa agama. Namun, biaya yang kamu keluarkan untuk mempersiapkan dan melaksanakan suatu acara pernikahan pastinya tidak murah!

Baca juga: 5 Tips Supaya Tetap Hemat di Era Cashless Society

Meski begitu, kalian yang akan berencana mengikat janji tidak perlu khawatir! Sebenarnya, banyak lho cara supaya biaya pernikahan kamu tidak membludak. Asalkan mau menurunkan ego dan gencar berinvestasi, pasti kamu berhasil mengumpulkan modal nikah. Mulai dari menyewa baju pengantin hingga melakukan investasi P2P Lending, berikut DANAdidik telah merangkum empat tips supaya kamu bisa cepat mengumpulkan uang menikah!

Menyewa Baju Pengantin 

Unsplash

Alih-alih membeli, sudahkan kamu mengecek perbandingan pengeluaran pernikahan jika kamu menyewa baju pengantin? Harga sewa kira-kira pakaian pengantin adalah Rp 250.000 hingga jutaan rupiah, tergantung brand dan model yang kamu pilih. Keuntungan lainnya dengan menyewa adalah kamu tidak perlu repot-repot mencuci dan merawat pakaian tersebut, kamu cukup mengembalikannya saja bukan? Namun, kalau kamu tipe orang yang memandang bahwa gaun pengantin adalah barang sakral, namun budget tetap pas-pasan, kamu masih bisa kok mencari baju pengantin murah. Selamat mencoba!

Menikah di KUA: Bisa Gratis! 

YouTube

Bagi kamu yang tidak mau dipusingkan dengan perencanaan pernikahan, opsi menikah di KUA sangat menggiurkan lho! Malah, menurut Peraturan Pemerintah No 48 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 47 tahun 2004 tentang Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Departemen Agama, menikah di Kantor Urusan Agama tidak dipungut biaya. Namun, kamu akan dikenakan biaya Rp 600.000 jika di luar jam kerja KUA.

Memilih menikah di KUA merupakan salah satu perencanaan keuangan juga lho! Bayangkan saya, dari berpuluh hingga beratus juta yang akan kamu habiskan untuk resepsi pernikahan, kamu bisa menyimpan uang tersebut untuk investasi di masa depan. Misalnya dengan melakukan investasi P2P Lending DANAdidik sebagai platform pinjaman pendidikan pertama di Indonesia.

Investasi Alih-Alih Menabung

Promo Cashback DANAdidik

Masih banyak yang beranggapan bahwa investasi merupakan salah satu cara menabung. Padahal, pengertiannya jauh berbeda. Keduanya mungkin memang memiliki tujuan untuk menyimpan uang. Hanya saja bedanya, menabung hanya ditujukan untuk menyimpan sebagian penghasilan untuk kepentingan di masa mendatang. Sedangkan investasi merupakan langkah untuk menambah nilai aset yang dimiliki demi tujuan jangka panjang. Misalnya, kamu berinvestasi untuk mengumpulkan modal menikah!

Baca juga: 3 Investasi Modal Ratusan Ribu yang Cocok untuk Pemula

Seperti kata salah satu Financial Planner asal Indonesia, Lisa Soemarto, alokasikan dana menikah pada investasi. Investasi akan menumbuhkan uang kamu dan membuahkan hasil lebih besar daripada tabungan. Pemilihan produk investasinya sebaiknya tergantung jangka waktu kamu menikah. Misalnya kamu menginvestasikan sejumlah uang pada platform P2P Lending DANAdidik, maka keuntungan yang kamu dapatkan hingga 15% flat per tahun. Investasi P2P Lending sesuai untuk kamu yang memiliki rencana menikah 3 sampai 5 tahun ke depan. Investasi jenis ini juga cocok jika kamu masih pemula dan baru ingin belajar berinvestasi. Alasannya adalah investasi P2P Lending bisa dimulai dengan dana ratusan ribu rupiah. Dapatkan juga promo cashback Rp 50.000 dengan investasi minimal Rp 250.000 di DANAdidik sekarang!

Mau Daftar Investasi? Ikuti Caranya Di Sini

Memotong Budget 

Sumber: Wolipop

Ingin menggelar resepsi pernikahan, namun budget hanya Rp 50 juta? Gelar saja pernikahan minimalis! Kamu bisa mencari informasinya lewat internet, namun kamu bisa melihat referensi pada pasangan Julia Jasmine dan Aldi Ramadhika yang sempat viral tahun lalu karena menggelar pernikahan budget sekitar Rp 50 juta, namun tetap manis dan minimalis. 

Tipsnya, mereka memangkas biaya pernikahan yang dirasa kurang penting, seperti acara lamaran dan foto pra-wedding. Bahkan, pasangan ini masih bisa berbulan madu ke Hongkong lho dengan modal hanya Rp 12 juta saja. Jadi, total biaya yang mereka keluarkan untuk acara pernikahan plus bulan madu ke luar negeri hanya Rp 60 juta. Bagaimana, kamu tertarik mencoba?

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.