4 Tahap Cerdas Supaya Menabung Terasa Lebih Mudah

Kebutuhan yang menumpuk membuat kita sering kali merasa malas menabung. Padahal, selain menginvestasikan pundi keuanganmu, menabung merupakan kegiatan finansial yang penting untuk dilakukan. Menabung dapat menyelamatkan kita disaat darurat, maupun di masa tua nanti.

Untungnya, kini kegiatan menabung terasa lebih mudah dilakukan akibat berkembangnya teknologi. Misalnya dengan mencari tips dan cara menabung paling efektif. Guna memudahkan kamu menyusun rencana menabung, simak empat cara yang telah DANAdidik rangkum di bawah ini.

Tahap 1: Bayangkan tujuanmu secara realistis

Bayangkan apa yang kamu inginkan. Bayangkan tujuan kamu menabung sespesifik mungkin. “Ketika kamu tahu untuk apa kamu menabung, prosesnya tidak lagi terasa seperti memakan sayuran,” kata perencana keuangan Jill Gianola asal Ohio, Amerika Serikat.

Kamu bahkan dapat memasang gambar yang mewakili impian tersebut di tempat-tempat yang sering kamu lewati, misalnya di dinding kamar tidur. Jadi, sebelum tidur kamu akan mengingat tujuanmu itu dan berusaha keras mendapatkannya. Katakanlah kamu menginginkan rumah dengan desain unik untuk rumah tanggamu nanti, pajanglah foto rumah impianmu itu!

Tahap 2: Ketahui besarannya

Setelah membayangkan tujuan amu secara realistis, langkah selanjutnya adalah menyelidiki berapa banyak uang yang harus kamu butuhkan untuk tujuan tersebut. Selanjutnya, tentukan tenggat waktu, dan buat rencana berapa banyak yang harus kamu tabung setiap bulan untuk sampai ke mimpi tersebut.

Misalnya, untuk memiliki rumah idaman di usia 27 tahun, kamu perlu menabung sekian Rupiah setiap bulannya. Dengan melakukan perencanaan dengan seksama seperti ini, kamu juga mencegah diri untuk menghabiskan uang terhadap hal yang tidak terlalu penting. Ingatkan diri untuk mengikuti komitmenmu menabung ini ya!

Tahap 3: Bagi pengeluaran menjadi 4 kategori

Setelah mengetahui harga dari tujuan yang akan kamu capai, bagi pengeluaran kamu menjadi empat kategori dan tentukan jumlah yang diperlukan untuk masing-masing kategori:

1. Biaya hidup (termasuk biaya tempat tinggal dan konsumsi)

2. Biaya sosial (biaya kuliah, transportasi, asuransi, acara-acara seremonial)

3. Hiburan (seperti pakaian, bepergian dan makan di luar)

4. Jumlah uang yang ingin kamu simpan

Tahap 4: Pisahkan rekening menabung

Langkah selanjutnya adalah memisahkan rekening menabung dengan tiga kategori lainnya yang telah disebutkan di poin ke-3. Ingat! Langsung pisahkan uang segera setelah kamu menerima gaji supaya kamu tidak tergoda memakai uang untuk berbelanja.

Ingat pula kamu harus patuh terhadap batas maksimum pengeluaranmu. Tentu saja akan ideal untuk hidup dengan jumlah uang yang sama setiap bulan. Namun, tagihan listrik akan berfluktuasi dan acara atau acara keluarga akan mengubah pengeluaran bulanan kamu. Karenanya, triknya adalah untuk meninjau kemungkinan pengeluaran bulanan kamu setiap bulan saat kamu menerima gaji, baru kamu sesuaikan.

Dengan membagi biaya hidup kamu ke dalam akun yang berbeda dengan cara ini, kamu dapat dengan mudah menyimpan uang setiap bulan tanpa tergoda untuk mengambil uang yang disimpan tersebut. Ini juga akan membantu kamu membeli hanya barang-barang yang hanya kamu butuhkan dan mengurangi kemungkinan membuang-buang uang. Kalau kamu sanggup, boleh saja membuat 4 rekening untuk 4 kategori di atas dan mulai untuk menghemat uang kamu sekarang!

Tips Keuangan Tambahan: Investasi!

Jika kamu tipikal orang yang tidak cukup hanya menabung saja dan ingin memutarkan uang supaya bertambah, investasikan rupiahmu! Daripada sekedar ditabung, uang yang kamu sisihkan dapat kamu alokasikan untuk investasi. Kalau kamu bijaksana dalam hal finansial, mulailah mencari tahu jenis-jenis investasi beserta risikonya.

Investasi P2P Lending cocok buat kamu para generasi milenial yang baru mulai berinvestasi! Banyak keuntungannya lho kalau kamu baru pertama kali mencoba investasi P2P! Seperti DANAdidik yang menawarkan promo cashback bagi kamu yang baru pertama kali investasi pada platform pinjaman pendidikan ini. Banyak keuntungan lainnya yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi lender di DANAdidik.id. Diantaranya kamu turut memberikan dampak sosial bagi kemajuan sektor pendidikan, ekonomi, sampai kesehatan di Indonesia, mendapatkan imbal hasil/ return hingga 12 – 15 % flat per tahun. Ikuti juga program referral investasi dan dapatkan Rp 50.000 (berlaku kelipatan). Hubungi WhatsApp untuk info lebih lanjut perihal investasi sosial di DANAdidik! #SemuaBisaKuliah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.