4 Cara Simpel Sedekah di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan selalu menjadi penantian umat Islam di seluruh dunia. Pasalnya di bulan suci ini, nilai ibadah dibalas seribu kali lipat dibandingkan dengan 11 bulan lainnya. Sehingga, banyak keutamaan Ramadan yang dapat kita petik.

Salah satu keutamaan bulan Ramadan adalah bersedekah. Orang yang bersedekah di bulan Ramadhan akan mendapatkan pahala 10 sampai 700 kali lipat lebih banyak dari bulan lainnya. Bahkan, dalam HR At-Turmudzi dari Anas disebutkan “Sedekah paling utama adalah sedekah di bulan Ramadhan”.

Banyak orang hanya berpikiran bahwa sedekah hanya perihal materi, padahal banyak cara lain bersedekah yang dapat menjadi alternatif. Mulai dari sekedar menyiapkan hidangan sahur hingga berdonasi pada pinjaman pendidikan, inilah empat cara simpel bersedekah di bulan Ramadan ala DANAdidik!

Menyiapkan Hidangan Sahur dan Berbuka

Sahur menjadi salah satu pembeda antara puasa umat muslim dengan umat terdahulu. Sebagai upaya memaksimalkan ibadah puasa kita selama 13 jam, sahur sangat penting untuk dilakukan. Bangun pagi-pagi buta untuk menyiapkan sahur menjadi tantangan tersendiri. Khususnya untuk ibu rumah tangga, menyiapkan sahur dan membangunkan keluarga sudah menjadi rutinitas selama Ramadan. Membantu menyiapkan sahur bersama orangtuamu merupakan salah satu bentuk bersedekah lho!
Selain sahur, menyiapkan menu berbuka puasa juga tidak kalah pentingnya! Bagi perempuan yang sedang berhalangan, menggali pahala selama bulan puasa menjadi cukup terbatas. Bantulah menyiapkan menu berbuka bagi sanak saudaramu yang tengah puasa. Dengan begitu, kamu dapat memperoleh pahala orang yang telah berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala bagi yang berpuasa.

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192, dari Zaid bin Khalid Al-Juhani. At-Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih).

Jangan pernah menyepelekan orang-orang yang menyiapkan menu sahur dan berbuka! Karena tanpa mereka, ibadah puasamu pun tidak akan sempurna.

Air dan Perlengkapan untuk Masjid

Pernahkah kamu melaksanakan tarawih dan merasa haus? Atau pernahkah ketika sedang tarawih kamu mendapatkan air mineral gratis? Nah, kamu pasti memahami pentingnya air mineral bukan? Sedekah tidak harus berupa uang, kamu bisa menyumbangkan boks air mineral untuk para umat muslim yang melakukan ibadah tarawih.

Selain air, kalian juga bisa menyumbangkan barang-barang lainnya ke masjid. Misalnya, mukena, sajadah, sampai KItab Suci AL-Quran. Selain bermanfaat pada sekitar, kamu juga akan mendapatkan keberkahan bulan suci dan pahala yang berlimpah.

Tersenyum

Kalau ditanya bersedekah yang paling mudah, tersenyumlah jawabannya. Hanya sekedar menggerakan otot mukamu, kamu akan memberikan kebahagiaan-kebahagiaan kecil pada sekitar. Mungkin ini sering dianggap sepele, tapi dengan tersenyum kamu dapat menciptakan dampak baik yang berkelanjutan lho! Bahkan Rasulullah SAW juga menyampaikan bahwa jika kedua perbuatan tersebut dianggap sebagai bentuk sedekah yang bernilai pahala bagi orang yang melakukannya. Jadi, ayo mulai tersenyum dan buat perubahan baik pada sekitar!

Donasi Pendidikan

Ketiga poin di atas merupakan cara bersedekah tanpa mengeluarkan uang, tapi jika kamu mau menyisihkan penghasilanmu agar berkah, donasi menjadi salah satu pilihan tepat!

Hal ini sebagaimana ditunjukkan oleh hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ بِهِ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ

“Barang siapa menelusuri jalan untuk mencari ilmu padanya, Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga.” (HR. Muslim).

Berdonasilah pada pendidikan Indonesia, karena pendidikan merupakan hal terpenting untuk  kemajuan suatu bangsa. Nelson Mandela juga berkata “Pendidikan adalah senjata terkuat yang dapat kamu pakai untuk mengubah dunia.” Tidak ayal pendidikan sangat penting, karena dengan pendidikanlah sektor-sektor lain akan ikut berkembang secara beriringan. Misalnya saja sektor ekonomi dan kesehatan.

Jika kamu ingin ikut memajukan pendidikan di Indonesia, mari berdonasi lewat platform DANAdidik. Uang yang kamu donasikan tidak semata-mata digunakan untuk membiayai kuliah mahasiswa lho! Tapi, nantinya dana yang kamu donasikan akan dipinjamkan pada #AnakDidik lalu diputarkan lagi dalam Yayasan kami, untuk selanjutnya dipakai untuk membiayai mahasiswa lainnya! Mari berdonasi di bulan suci ini, jika kamu tertarik klik website atau WhatsApp Business kami! #SemuaBisaKuliah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.