4 Cara ke Luar Negeri Tanpa Beasiswa Ini Wajib Kamu Coba

4 Cara ke Luar Negeri Tanpa Program Beasiswa Ini Wajib Kamu Coba – Menuntut ilmu sampai ke luar negeri tentu menjadi impian setiap mahasiswa. Mencari beasiswa study abroad menjadi pilihan favorit semua mahasiswa yang memiliki impian belajar ke luar negeri. Selain dana pendidikan, persaingan yang ketat selalu menjadi penghalang. Tapi sebenarnya, ada banyak cara untuk mewujudkan cita-cita ke luar negeri tanpa mengeluarkan banyak biaya lho! DANAdidik akan merangkum empat program yang membuat kamu belajar ke luar negeri tanpa beasiswa pendidikan.

Program Relawan

Source: Volunteer Forever

Wawasan dan ilmu pengetahuan tidak hanya didapat dari pembelajaran formal. Kegiatan amal dan menjadi sukarelawan merupakan cara terbaik untuk mempelajari umat manusia dan belajar berempati. Cobalah untuk membuka website lembaga-lembaga terkait, kamu boleh memulai dengan program volunteer PBB atau United Nations. Selamat mencoba!

Program Kepemimpinan

Source: Volunteer Forever

Kalau kalian rajin melakukan research, ada banyak lho program pelatihan kepemimpinan di luar negeri. Biasanya, kepemimpinan atau leadership menjadi modal utama kalau kamu mau melamar beasiswa ke luar negeri atau melamar pekerjaan. Lembaga-lembaga yang menyelenggarakan pun ada banyak, mulai lembaga dari Eropa, Amerika, maupun Asia Pasifik. Salah satu contoh lembaga yang menyediakan informasi lengkap seputar hal ini ialah Asia Pacific Youth Service (AP YouthS).

Au Pair

Source: thatsassylifecoach

Banyak orang salah mengartikan Au Pair sebagai asisten rumah tangga atau nanny semata. Padahal, dengan menjadi Au Pair, kalian bisa les bahasa asing langsung di negerinya. Bahkan, kebanyakan host family akan membayar biaya lesmu lho! Mereka juga akan menyediakan tempat tinggal dan memberikan uang saku. Sebagai timbal baliknya, seorang Au Pair harus mengajari bahasa serta budaya dan menjaga anak dari host family tersebut. Kebanyakan Au Pair ialah mahasiswa sastra asing yang ingin memperdalam budaya luar dengan tinggal bersama keluarga atau host family di sana.

Magang

Unsplash

Magang menjadi pilihan terbaik untuk mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja. Informasi seputar magang di luar negeri biasanya tertera di website perusahaannya langsung. Alih-alih menggunakan kata kunci scholarship, kamu bisa mencoba mulai menggunakan keywords fellowship. Kamu juga bisa mencoba mencari melalui website AIESEC, atau akun-akun sosial media di Instagram. Khusus untuk para perawat dan tenaga kesehatan, peluang kalian besar lho! Faktanya, para lansia di luar negeri sangat banyak sehingga membutuhkan tenaga perawat. Populasi lansia di Jepang saja sudah melebihi 50% penduduknya. Selain itu, Amerika dan Belanda juga membutuhkan banyak tenaga kerja perawat.

Itu dia beragam program ke luar negeri tanpa beasiswa ke perguruan tinggi. Kebanyakan program memang mengharuskan kita memiliki gelar dari perguruan tinggi di Indonesia terlebih dahulu. Kamu memiliki keterbatasan biaya pendidikan? Jangan khawatir, Danadidik.id adalah pinjaman pendidikan pertama Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain OJK, DANAdidik juga telah didukung oleh Kementerian Ristekdikti. Pinjaman lunak khusus pendidikan tanpa agunan, bunga murah, cicilan ringan & tenor sampai 2 tahun setelah lulus! #SemuaBisaKuliah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.