3 Cara Menumbuhkan Uang ala Mahasiswa yang Harus Kamu Coba!

3 Cara Menumbuhkan Uang yang Cocok untuk Mahasiswa – Kalau berbicara soal menumbuhkan uang, mungkin pikiran kebanyakan orang akan melayang pada perencanaan keuangan tingkat tinggi seperti investasi. Ibaratnya, kalau sudah berinvestasi kita menjadi manusia yang financial savvy banget. Anggapan itu mungkin tercipta karena keuntungan dari berinvestasi baru bisa dirasakan jika kita mengeluarkan uang yang banyak. Nampaknya, kalimat “Risiko tinggi, keuntungan tinggi” benar adanya.

Lantas, bagaimana jika status kita masih mahaisiswa, yang kemungkinan besar masih awam akan dunia finansial? Jangankan investasi, untuk makan sehari-hari saja mahasiswa biasanya berpikir ulang bukan? 

Sebenarnya, kalau kita mau melakukan research secara lebih mendalam lagi, banyak kok investasi mudah dengan modal kecil yang cocok bagi kalangan mahasiswa. Kebanyakan instrumen-instrumen investasi tersebut bermunculan akibat berkembangnya era digital, sehingga sangat cocok bagi profil kebanyakan mahasiswa dengan rata-rata berasal dari generasi Milenial. Mulai dari Reksa Dana sampai investasi pinjaman online Peer to Peer Lending, berikut DANAdidik telah merangkum 3 jenis investasi yang cocok untuk mahasiswa beserta bagaimana cara berinvestasinya!

Logam Mulia atau Emas

Logam mulia atau emas batangan merupakan salah satu instrumen investasi yang mudah. Makanya, bagi mahasiswa yang ingin belajar investasi, jenis investasi emas sering dianggap cocok. Saat ini, berinvestasi emas bisa dilakukan di PT Pegadaian. 

Perusahaan BUMN ini menyediakan beberapa layanan yang mempermudah kamu sebagai mahasiswa dalam berinvestasi emas. Produk layanannya sendiri meliputi Mulia yang merupakan layanan penjualan emas batangan secara tunai, angsuran, kolektif atau secara arisan dengan proses mudah dan jangka waktu yang fleksibel.

Lalu Mulia Arisan atau Kolektif dengan ketentuan pembayarannya dalam bentuk angsuran yang melayani investor antar kelompok atau beberapa orang dengan jumlah anggota minimal 6 orang

Selanjutnya ada Tabungan Emas Tabungan Emas yang merupakan layanan pembelian dan penjualan emas dengan harga yang terjangkau. Dengan uang sebesar Rp 6.000, kamu sudah bisa menabung emas batangan yang setara dengan 0.01 gram saat dikonversikan.

Yang terakhir ada Konsinyasi Emas, dimana layanan titip-jual emas batangan di Pegadaian menjadikan investasi emas milik nasabah lebih aman karena disimpan di Pegadaian. Kelebihannya adalah keuntungan dari hasil penjualan emas batangan diberikan kepada Nasabah. Bagaimana, mana dari ke-4 produk tersebut yang mau kamu coba?

Reksa Dana

Bagi yang belum tahu, instrumen reksa dana berarti wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal atau investor. Dana yang telah terkumpul tersebut nantinya akan diinvestasikan oleh manajer investasi, ke dalam beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, atau deposito. Jadi dengan adanya bantuan dari manajer investasi, mahasiswa sebagai investor pemula tidak perlu repot-repot lagi.

Selain memberikan return yang cukup besar, reksa dana juga merupakan instrumen investasi yang mudah diakses. Sekarang banyak kok platform penyedia jasa reksa dana online yang dapat membantu kamu. Namun, pastikan kembali mereka telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan ya!

Peer to Peer Lending

YourStory

Instrumen yang sering disingkat P2P Lending ini jadi primadona di kalangan anak muda dan generasi milenial. Singkatnya, P2P Lending merupakan wadah online yang mempertemukan kamu sebagai  pendana (lender) pada peminjam dana atau borrower

Biasanya, peminjam akan membutuhkan dana untuk, misalnya, pinjaman pendidikan atau membuka usaha. Kamu sebagai pemberi pinjaman tentunya akan mendapatkan return atau imbal hasil dari pendanaan tersebut. Keuntungan yang kamu dapat bisa berbeda-beda tergantung dari website atau platform mana yang kamu pakai. Sama halnya dengan Reksa Dana, cukup dengan Rp 100.000 saja kamu sudah bisa mendanai di Peer to Peer Lending.

Misalnya dengan mendanai mahasiswa di DANAdidik, kamu akan mendapatkan imbal hasil sebesar 12 hingga 15% dengan bunga flat per tahunnya. Tenor atau jangka waktu pinjaman di DANAdidik sampai dengan 48 bulan, jadi bentuk pendanaannya sangat cocok bagi kamu yang juga berencana berinvestasi untuk hari tua nanti. 

Pendanaan dengan instrumen Peer to Peer Lending memiliki keunggulan yang tidak dimiliki instrumen lain, yaitu memberikan dampak sosial. Singkatnya, dengan meminjamkan dana untuk pendidikan atau usaha seseorang, kamu juga turut membantu majunya sektor pendidikan dan ekonomi bukan? Dengan pendanaan di DANAdidik, kamu bahkan ikut mengurangi angka putus kuliah di Indonesia.

Jangan lupa untuk selalu mengecek promo dari platform P2P Lending. DANAdidik sebagai penyedia student loan pertama di Indonesia kini sedang memberikan promo Cashback sebesar Rp 50.000 dengan minimum pendanaan Rp. 250.000. Bingung cara mendanai di platform DANAdidik? Silahkan membaca panduannya pada artikel di bawah:

4 Panduan Lengkap Menjadi Pendana di P2P Lending DANAdidik

Ayo, jadi bagian dari misi #SemuaBisaKuliah sekarang! Hubungi kami:

WhatsApp Business : +62 856 9579 5162

Helpdesk DANAdidik: https://help.danadidik.id/

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.