10 Peluang Kerja di Rumah, Nomor 9 Cocok untuk Tenaga Kesehatan!

Bekerja dan menghasilkan uang tidak melulu pergi ke kantor, berkat kemajuan era digital kini banyak jenis pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah. Istilah kerja remote juga populer di perusahaan-perusahaan start-up yang basisnya memang teknologi. Kerja remote dan telecommuting (istilah untuk kerja di rumah atau luar kantor) juga banyak keuntungannya, pikiranmu juga lebih segar bukan?

Sebuah studi pada 2017 oleh Global Workplace Analytics untuk FlexJobs.com, sebuah situs pencarian kerja untuk freelancer, telecommuter dan paruh waktu, menemukan bahwa jumlah karyawan yang melakukan telecommute setidaknya setengah dari waktu melonjak dari 1,8 juta menjadi 3,9 juta antara 2005 dan 2017, meningkat 115 persen dan jumlah itu terus bertambah.

Bagi sebagian orang, bekerja di rumah memang menyenangkan. Kamu jadi lebih rileks dan bisa sambil mengurus buah hati misalnya. Studi di atas juga menunjukan bahwa kerja remote banyak keuntungannya, seperti mengurangi stres, peningkatan produktivitas, lebih sedikit kemungkinan tertular penyakit dari kantor, dan mengurangi macet di jalan akibat jam berangkat kantor.

Kalau kamu berencana untuk mencari pekerjaan yang bisa dilakukan di rumah, DANAdidik telah merangkum beberapa dari pekerjaan tersebut.

Asisten Virtual

Eits, Virtual assistant di sini bukan seperti Siri atau Alexa lho! Asisten virtual ini berarti kamu bertugas untuk mengerjakan berbagai jenis pekerjaan administratif untuk klien-kliennya secara remote atau online. Pekerjaan ini juga kerap disebut dengan personal office assistant. Segala jenis pekerjaan klerikal dan data entry sampai customer service, real estate dan telemarketing biasanya bisa ditangani oleh asisten virtual ini. Keuntungan dari pekerjaan ini adalah lebih fleksibel karena sesuai dengan permintaan klien saja. Banyak lho asisten virtual yang dibutuhkan, kamu cukup mengecek lowongannya di situs-situs melamar kerja freelance saja kok!

Penerjemah

Bagi orang-orang yang fasih dalam lebih dari satu bahasa, menjadi seorang translator atau penerjemah menjadi ide yang sangat bagus! Selain bisa dilakukan di rumah, pekerjaan ini juga memiliki cakupan yang luas karena dapat ditemukan di sektor pemerintahan maupun swasta. Seorang penerjemah bisa bekerja dalam bahasa lisan ataupun bahasa isyarat, juga bisa  bekerja dengan dokumen tertulis maupun audio.

Web developer/designer

Unsplash

Pengembang dan perancang web membuat situs web untuk penggunaan pribadi atau bahkan komersial. Mereka juga bertanggung jawab atas bagaimana situs terlihat dan berfungsi. Desainer web dapat menggunakan keahlian mereka dalam penerbitan, periklanan, konsultasi manajemen, dan bidang lainnya. Bagaimana, kamu tertarik menjadi seorang web developer atau designer?

Customer service representative

Ketika kamu menelepon untuk memesan sesuatu dari online shop misalnya, orang di ujung telepon itu bisa saja tidak di kantor lho, alias bekerja di rumah! Mempekerjakan customer service independen untuk menerima telepon dari rumah dianggap menjadi industri yang besar dan terus berkembang. Banyak dari Customer service representative bekerja untuk toko ritel, bank, sampai agen kredit.

Agen Travel

Internet telah mengubah bisnis travel secara drastis. Orang tidak lagi menelepon travel agent untuk membeli tiket pesawat dan memesan hotel. “Tidak ada yang melakukan itu lagi,” kata Tom Ogg, seorang veteran industri travel dan pendiri HomeBasedTravelAgent.com.

“Kepercayaan umum adalah bahwa internet membunuh agen travel,” kata Ogg. “Yang benar adalah mereka menghasilkan lebih banyak uang sekarang daripada sebelumnya; cara bisnis mereka hanya terlihat berbeda saja.”

Desainer grafis

Jika kamu memiliki pengalaman merancang logo dan T-shirt atau menggunakan perangkat lunak komputer untuk membuat brosur dan iklan, kamu bisa menghasilkan uang dengan bekerja dari rumah dengan mudah!

Situs web seperti Fiverr dan 99designs dapat membantu kamu bertemu dengan klien potensial yang membutuhkan layanan lho! Berapa banyak yang akan kamu hasilkan akan tergantung pada ruang lingkup proyek dan pengalaman kamu sendiri. Sektor ini diperkirakan akan tumbuh sebesar 4 persen lho!

Spesialis media sosial

Kini, semakin penting bagi bisnis untuk memiliki  media sosial. Jika kamu memiliki keahlian untuk menggunakan platform media sosial seperti Facebook dan Instagram, kamu dapat mencari nafkah dengan cara membantu sebuah bisnis menjangkau dan mempromosikan produk mereka melalui pemasaran media sosial. Social media specialist juga dapat memperoleh uang melalui pelatihan dan konsultasi lho!

Bergantung pada ukuran bisnis dan jumlah pekerjaan yang diperlukan, kamu dapat membebankan biaya kepada setiap klien hingga puluhan juta per bulan. Sosial media specialist juga menjadi jenis pekerjaan yang sedang tren dan banyak diminati lho!

Menyewakan rumah atau kamar

Jika kamu memiliki kamar tidur tambahan di rumah atau apartemen kosong, pertimbangkan untuk menyewakannya melalui situs-situs seperti Airbnb dan Airy.

Kamu dapat memutuskan seberapa sering kamu ingin menyewakan tempat tersebut dan berapa biayanya. Ingat bahwa kamu harus tetap kompetitif dengan penyewaan jangka pendek serupa di wilayah kamu. Jangan lupa untuk melakukan riset untuk menarik penyewa dan menghasilkan pengembalian yang layak dari setiap kunjungan ya!

Transkripsi medis

Tugas seorang transkripsi medis adalah untuk mendengarkan dan mengetik dikte dari dokter atau tenaga medis lainnya, lalu menuliskan catatan itu ke dalam file medis pasien. Hal yang didiktekan biasanya meliputi status pasien, prosedur perawatan, diagnosa, prognosis, dan masih banyak lagi melalui jaringan online. Makanya, pekerjaan ini cocok bagi kamu yang memiliki latar belakang di sektor kesehatan, tetapi ingin kerja di rumah.

Perawat terdaftar

Pertumbuhan sektor kesehatan digital seperti Halodoc dan Alodokter untuk mengakses layanan perawatan kesehatan dari jarak jauh melalui komputer dan perangkat seluler, telah memberikan kesempatan kepada perawat terdaftar untuk bekerja dari rumah. Satu lagi nih kesempatan kamu para tenaga kesehatan yang bosan bekerja di rumah sakit!

Mahasiswa Kesehatan butuh biaya bayar SPP? DANAdidik saja!

Danadidik.id adalah pinjaman pendidikan pertama Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Pinjaman lunak khusus pendidikan tanpa agunan, bunga murah, cicilan ringan & tenor sampai 4 tahun setelah lulus! #SemuaBisaKuliah

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.